Beredar Foto Setya Novanto Bawa HP, Ini Tanggapan Kalapas Sukamiskin

Sebuah foto memperlihatkan ada ponsel di meja yang berada di depan Setya Novanto. Foto itu diambil di dalam Lapas Sukamiskin. Istimewa
18 Juli 2021 13:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Publik dihebohkan dengan beredarnya foto mantan Ketua DPR RI Setya Novanto yang kedapatan membawa ponsel di Lapas Sukamiskin. Foto Setya Novanto tertangkap membawa handphone yang viral di media sosial.

Terkait hal itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Bandung Elly Yuzar mengakui jika foto Setnov Setya Novanto yang terlihat seperti membawa ponsel terjadi saat Hari Raya Iduladha 2020 lalu.

"Iya (foto di lapas), waktu itu suasana Iduladha," kata Elly menjawab pertanyaan Antara,Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Mendag: Periode Juni 2021 Neraca Perdagangan Surplus

Menurut Elly, peristiwa itu terjadi pada Iduladha karena tampak ada beberapa foto lainnya dalam kejadian itu yang menunjukkan ada panggangan daging.

"Mereka mengatakan kalau foto ini seingat mereka waktu Iduladha tahun lalu, kata mereka. Kita kan memotong hewan kurban, itu cerita dari mereka," kata Elly.

Dalam foto yang beredar di media sosial itu, eks Ketua DPR RI yang akrab disapa Setnov itu nampak seperti memiliki dua ponsel.

Baca juga: Sepekan, 5 Juta Orang Telah Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

Dia difoto dalam kondisi duduk bersama narapidana lainnya yakni eks Wali Kota Bandung Dada Rosada dan narapidana lainnya.

Terkait munculnya foto tersebut, Elly mengaku sudah menegur Setnov bahwa perbuatan tersebut merupakan pelanggaran aturan bagi warga binaan di Lapas Sukamiskin.

"Sudah kita ingatkan itu pelanggaran walaupun kejadiannya sudah lama, ke depannya jangan terulang kembali," kata Elly.

Sumber : Suara.com