Advertisement

Jumlah Pasien Covid RI Disebut Mendekati Jumlah Penduduk Kota Jogja

Jaffry Prabu Prakoso
Rabu, 07 Juli 2021 - 04:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jumlah Pasien Covid RI Disebut Mendekati Jumlah Penduduk Kota Jogja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi mengakui jika kondisi pelayanan kesehatan di Indonesia saat ini tidak sedang ideal.

Dia mengaku prihatin bagi mereka yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan. Hari ini, Selasa (6/7/2021) tercatat 31.000 lebih terkonfirmasi positif Covid-19 dan 728 orang meninggal dunia. Kasus aktif yang sedang ditangani mencapai lebih dari 324.000.

Advertisement

“Jumlah pasien infeksi virus Corona saat ini bisa memenuhi kapasitas kawasan Monas dan sudah mendekati jumlah penduduk kota Jogja. kondisi ini harus kita hentikan bersama-sama. Patuhi peraturan PPKM [pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat], tinggal di rumah, dan apabila harus keluar pastikan ikut program vaksinasi Covid-19,” katanya.

Jodi menjelaskan bahwa PPKM Darurat harus berhasil karena ini adalah tindakan kemanusiaan. Ini menyangkut penyelamatan nyawa diri, keluarga, dan masyarakat luas.

“Kita bangsa yang tangguh, merdeka dengan keringat dan perjuangan bersama maka yakin kita bisa melewati situasi ini. Bersama-sama tetap bersatu melawan Covid-19. Semoga Tuhan melindungi dan menyehatkan seluruh bangsa Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: Siap-siap! Jogja Segera Buka Vaksinasi untuk Anak

Di sisi lain, tambah Jodi, pemerintah pusat telah meminta pemerintah daerah mempercepat konversi tempat tidur di rumah sakit terutama di daerah di Jawa Timur, Yogyakarta, dan Bali. Saat ini baru DKI Jakarta yang sudah 50 persen mengonversi khusus untuk Covid-19.

Pemerintah juga tengah menyiapkan rumah sakit cadangan di Wisma Haji Pondok Gede dengan kapasitas 900 kamar dan sudah mulai dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jodi menambahkan, pemerintah memastikan jumlah pasokan obat-obatan dan alat kesehatan (alkes) dalam keadaan aman. Rantai suplai dan distribusi dioptimalkan agar tidak ada kendala pemenuhan kebutuhan di lapangan.

Pemerintah terus berupaya memastikan ketersediaan tabung oksigen. Kementerian Perindustrian juga telah berkomitmen oksigen industri dikonversi ke medis hingga 90 persen.

Bagi yang sedang menjalani isolasi mandiri atau baru saja terkonfirmasi positif dengan tanpa gejala atau gejala ringan, Kemenkes telah bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter, jasa pengiriman obat, dan penyediaan obat secara gratis.

“Dapatkan informasi lebih lengkap di situs berita Kementerian Kesehatan RI di sehatnegeriku.kemkes.go.id dan aplikasi atau hotline, customer service 11 telemedis,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement