Advertisement

Megawati Kritik Tokopedia, Begini Katanya

Rayful Mudassir
Rabu, 30 Juni 2021 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
Megawati Kritik Tokopedia, Begini Katanya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengkritik Tokopedia terlalu banyak menjual produk buatan luar negeri.

Pernyataan itu disampaikan saat menjadi keynote speaker pada diskusi Megawati Istitute secara virtual, Selasa (29/6/2021).

Advertisement

“Saya boleh loh buat kritik sedikit ya, itu kritik membangun. Kenapa kalau saya browsing online di Tokopedia, kenapa ya yang disuguhkan sekarang, sekarang loh, nanti bisa berubah, itu barang-barangnya made non-Indonesia,” kata Mega, Selasa (29/6/2021).

Dia menuturkan bahwa Presiden telah berkali-kali meminta agar masyarakat membantu pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Mega juga menyebut bahwa dirinya menjadi bagian yang mendukung UMKM.

UMKM di Indonesia, imbuhnya, masih sangat rapuh. Kebanyakan pelaku usaha kecil itu masih menganut sistem tradisional. Hal ini dilihat dari produk yang dihasilkan masih berupa keranjang, batik, tenun hingga kalung.

“Saya bilang rapuh kenapa? Karena mereka tidak tahu yang namanya bagaimana cara berusaha. Itu makanya saya bilang rapuh. mereka sangat mudah, maaf, untuk ditipu,” ujarnya.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan ini berharap pelaku bisnis ikut membantu membuka ruang bagi pengusaha kecil bawah, tidak hanya kalangan menengah atas. Pebisnis kelas atas juga memiliki akses cukup untuk mengembangkan bisnis UMKM.

“Maka seharusnya kalian ikut membantu membuka ruang bukan hanya bagi kalangan menengah ke atas tapi ke grassroot.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Eko Suwanto: Sultan Grond dan Pakualaman Grond untuk Kesejahteraan Masyarakat

Jogja
| Selasa, 07 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement