BKN Jelaskan Alasan Seleksi CPNS 2021 Digelar Lebih Lama

Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis - Arief Hermawan P
29 Juni 2021 23:57 WIB Anissa Putri News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK 2021 akan dimulai besok Rabu, 30 Juni 2021.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan pada tahun ini seleksi calon kepegawaian pemerintahan akan diiringi dengan pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kita tidak ingin seperti arahan pak kepala BKN kita tidak menginginkan bahwa penerimaan atau seleksi calon ASN ini kemudian menjadi klaster terbaru dalam penyebaran Covid-19,” jelas Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen pada Konferensi Pers Persiapan Pelaksanaan Seleksi ASN 2021, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: DIY Kaji Penutupan Semua Objek Wisata

Suharmen mengatakan ada perbedaan sesi pelaksanaan seleksi calon kepegawaian pemerintahan pada CPNS 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika dalam kondisi normal, penerimaan seleksi CPNS dilaksanakan dalam lima sesi per hari. Namun, selama pandemi ini, BKN akan melaksanakan hanya tiga sesi per hari di titik lokasi yang telah diatur sedemikian rupa.

"Tujuannya mengurangi potensi penyebaran dari Covid-19 itu sendiri," ujar Suharmen.

Baca juga: Hingga 5 Juli, Berwisata ke Gunungkidul Wajib Bawa Hasil Swab Antigen Negatif

Dia juga menyebutkan bahwa seleksi ASN tahun ini memiliki durasi yang lebih panjang. Meski jumlah sesi pada tahun ini dikurangi, Suharmen mengatakan kemungkinan adanya potensi pendaftar seleksi lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami mengantisipasi potensi pendaftarnya luar biasa besar, maka tentu saja waktunya akan lebih panjang," jelasnya.

Suharmen mengingatkan kepada seluruh pihak instansi yang bersangkutan agar dapat melakukan koordinasi lebih lanjut demi lancarnya pelaksanaan seleksi calon kepegawaian pemerintahan tahun ini.

Pasalnya, pelaksanaan CPNS 2021 memerlukan koordinasi yang lebih erat lagi, kerjasama, dan sinergi, serta tentu saja perlu stamina yang lebih baik bagi Panselnas maupun panitia instansi.

Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi calon kepegawaian pemerintahan, dapat membuat akun sekaligus mendaftarkan secara online pada situs resmi SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id/

Sumber : Bisnis.com