Advertisement

Menko Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan Tol Jogja-Solo-Semarang, Ini Alasannya

Dany Saputra
Sabtu, 19 Juni 2021 - 23:37 WIB
Bhekti Suryani
Menko Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan Tol Jogja-Solo-Semarang, Ini Alasannya Menko Perekonomian Airlangga Hartanto menemui alumni Kartu Prakerja yang kini menjalankan bisnis Warkop Digital di Bogor, Jawa Barat - Warkop Digital

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong percepatan pembangunan dua Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, serta Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Menurut Airlangga, proyek yang dapat menghubungkan tiga kota besar yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang itu berperan sebagai infrastruktur penghubung utama yang akan secara langsung meningkatkan aksesibilitas, memperkecil waktu tempuh, dan mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah yang dihubungkan.

Advertisement

“Tentunya kita berharap adanya pertumbuhan dan berkembangnya kawasan akibat terbangunnya infrastruktur ini. Karena kita melihat ada ketimpangan antara infrastruktur di utara dan selatan, sehingga dengan adanya infrastruktur ini dapat menghubungkan pelabuhan-pelabuhan yang ada di utara Jawa dengan industri padat karya yang ada di selatan” ujar Airlangga dalam kunjungannya ke lokasi proyek di pintu Tol Kartosuro, Sabtu (19/6/2021).

Dua PSN ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Trans Jawa, yaitu Jalan Tol Semarang – Solo. Dengan demikian akses menuju tiga Bandara Udara besar yaitu New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, Ahmad Yani di Semarang, dan Adi Soemarmo di Solo akan menjadi lebih terjangkau.

Kemudahan tersebut diharakan pula dapat membantu kemudahan akses ke obyek wisata strategis seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan destinasi wisata lainnya di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Dalam kunjungannya ke lokasi proyek, Airlangga yang juga merupakan Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) turut meninjau pelaksanaan protokol kesehatan. Tidak hanya membagikan masker, dia juga memastikan mulai dari saat masuk ke lokasi proyek, setiap orang diminta untuk menunjukkan surat antigen terbaru dan melakukan pengukuran suhu badan.

Selanjutnya di dalam lokasi proyek, setiap orang selalu diingatkan untuk selalu menjaga jarak, menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer dan memakai masker dengan benar.

Dalam rangka percepatan penyelesaian pembangunan PSN Jalan Tol Yogyakarta – Solo – Kulonprogo dan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, KPPIP melakukan debottlenecking permasalahan-permasalahan strategis, salah satunya dengan memprioritaskan pengadaan tanah serta berkoordinasi dengan stakeholder.

Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Kulonprogo terdiri dari tiga seksi, yaitu Kartosuro – Purwomartani (Seksi I), Purwomartani – Gamping (Seksi II), dan Gamping – YIA Kulonprogo (Seksi III). Proyek yang diprakarsai oleh PT Jogjasolo Marga Makmur ini telah memulai pekerjaan konstruksi di awal April 2021. Seksi I dan III ditargetkan dapat selesai pada tahun 2023, sedangkan seksi II direncanakan selesai pada tahun 2024.

Sedangkan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen terbagi atas lima seksi yaitu Sleman –Banyurejo (Seksi I), Banyurejo – Borobudur (Seksi II), Borobudur – Magelang (Seksi III), Magelang – Temanggung (Seksi IV), Temanggung – Ambarawa (Seksi V), dan Ambarawa – Bawen (Seksi VI). PT Jasamarga Jogja Bawen yang mengelola proyek ini sedang melaksanakan pengadaan tanah serta proses izin penetapan lokasi untuk wilayah Jawa Tengah. Proyek ditargetkan akan memasuki proses konstruksi pada Oktober 2021.

Sebelumnya, KPPIP telah mendukung pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen dengan melakukan inisiasi Outline Business Case serta penyusunan dokumen AMDAL pada 2017, dan proyek ini telah terdaftar sebagai salah satu dari 37 Proyek Prioritas berdasarkan hasil prioritasi KPPIP.

Peninjauan ke lokasi proyek juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto, Deputi Bidang Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo, dan Deputi Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Mohammad Rudy Salahuddin.

Rombongan disambut oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, Direktur Umum PT. Jogjasolo Marga Makmur Adrian Priohutomo, Direktur (Pengganti Sementara) PT. Jasamarga Jogja Bawen Oemi Vierta, dan Direktur Keuangan PT. Jasamarga Jogja Bawen Achmad Wachid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement