Ini 3 Sosok Perempuan DIY yang Inspiratif Versi Partai Gelora

Koordinator Pakudaya, Wirobrajan, Kota Jogja Asri Mikatsih saat menerima penghargaan dari Partai Gelora. - Ist/Gelora.
05 Mei 2021 04:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tiga perempuan asal DIY masuk dalam nominasi Kartini Award Partai Gelora. Ketiganya mendapatkan apresiasi dari Partai Gelora DIY atas kontribusinya terhadap masyarakat. Mereka dinilai mampu dan berdaya serta menjadi inspirasi banyak perempuan lain.

Ketiga perempuan ini adalah Abidah El Khalieqy, Asri Mikatsih dan Herlita Jayadianti. Abidah merupakan novelis asal DIY yang terkenal dengan karyanya Perempuan Berkalung Sorban dan Mahabbah Rindu. Alumnus UIN Sunan Kalijaga ini telah melahirkan seabrek karya buku novel. Terbaru ia menerbitkan sebuah novel bertajuk Mataraisa.

BACA JUGA : Profil 5 Wanita Inspiratif Asal Indonesia

Tema novel yang diangkat lebih pada keberpihakan terhadap perempuan serta menjadi inspirasi bagi perempuan untuk mampu memberdayakan diri dan memberi manfaat kepada orang lain.

Adapun Asri Mikatsih adalah sosok ibu-ibu dari Pakuncen Wirobrajan, Kota Jogja yang mampu memberdayakan ekonomi kerakyatan melalui angkringan di kampungnya. Aksinya memberikan dampak ekonomi bagi warga sekitarnya. Ia juga dikenal sebagai koordinator Pakudaya, Wirobrajan, Kota Jogja dengan banyak kaum perempuan yang ikut terlibat.

Sedangkan Herlita Jayadianti, merupakan perintis Sekolah Gajahwong Bersama Faiz Fakhrudin. Ia termasuk perempuan pelopor yang memiliki kepedulian di bidang Pendidikan untuk masyarakat marjinal. Herlita berupaya memberikan Pendidikan pada kelompok marjinal yang sulit mengakses Pendidikan karena masalah biaya.

“Ketiga perempuan ini kami anggap telah berkontribusi banyak terhadap masyarakat, mereka mampu memberdayakan diri di tengah masyarakat dan menjadi inspirasi bagi perempuan lain,” kata Kabid Perempuan Partai Gelora DIY Fahima Indrawati dalam rilisnya, Selasa (4/5/2021).

BACA JUGA : Berbagi Kisah Inspiratif tentang Pemberdayaan Wanita dalam

Dari ketiga perempuan tersebut, lanjutnya, yang telah diajukan, adalah sosok Herlita Jayadianti sebagai penerima Kartini Award dari DPN Partai Gelora.  Namun Fahima memastikan, ketiganya merupakan sosok teladan yang layak ditiru para perempuan Indonesia lainnya.

“Kami berharap, ketiga perempuan yang tahun ini kami berikan apresiasi mampu memberikan inspirasi kepada perempuan di seluruh Indonesia bahwa perempuan juga mampu untuk berdaya. Kami sangat memberikan ruang bagi perempuan untuk berdaya,” katanya.