Youtuber Bantu Mempromosikan UMKM Kuliner Terdampak Pandemi

Youtuber melakukan review di salah satu warung kuliner. - ist.
23 April 2021 06:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner menjadi salah satu seKtor terdampak pandemi Covid-19. Mereka harus bertahan di tengah penurunan omzet karena adanya kebijakan pembatasan dan larangan berkerumun untuk mencegah penularan Covid-19.

Di tengah ekonomi yang mulai meningkat saat ini, seorang content creator dan food blogger Magdalena berupaya membantu mempromosikan sektor kuliner dengan mengunjungi secara langsung warung makan, menikmati makanan lalu diunggah di platform medsos miliknya.

BACA JUGA : Pulihkan Ekonomi, BNPB Dampingi UMKM Terdampak

Magdalena mengunjungi sebanyak 14 UMKM pilihan di wilayah Jawa hingga Bali tepatnya di enam kota, yakni di kota Bandung, Cirebon, Jogja, Malang, Surabaya dan Denpasar. Proses pemilihan UMKM tersebut diawali dari proses seleksi untuk dikunjungi. Khusus untuk Jogja warung yang beruntung dikunjungi adalah Gulai Tugu Pak Samin.

“Gulau Tugu Pak Samin di Jogja ini menarik juga, memiliki kisah perjuangan dalam mempertahankan resep warisan keluarga dan bertahan agar bisa terus beroperasi di tengah pandemi,” katanya Kamis (23/4/2021).

Hal lain yang cukup membekas di hatinya adalah Bakso Gilang Kuah Sadis yang berlokasi di Batu, Kota Malang. Menarik karena penjual merupakan seorang wanita dan dia berjualan sendiri. Sehingga harus mencari cara sendiri untuk bisa bertahan. Ia mengkaitkan cerita itu dengan banyak wanita yang harus bertahan mencari penghidupan di tengah pandemi.

BACA JUGA : Dinas Fasilitasi Ongkos Kirim untuk UMKM Terdampak Covid

“Ibu berjualan sejak 2012, dari berbelanja hingga memasak pun mengerjakannya sendiri. Kisah ini bisa menjadi teladan untuk kita sebagai wanita, karena sebagai wanita kita harus bisa mandiri, siap dan kuat dalam menghadapi situasi,” ujarnya.

Aksi dari Youtuber Magdalena ini mendapat respons positif dari followers dan juga subscribers yang membuat banyak anak muda tergerak untuk membantu pegiat kuliner di sekitarnya.

“Respons yang diberikan berupa postingan yang mereka unggah bahwa sedang berada di UMKM pilihan yang dikunjungi Magdalena dengan memberikan mention,” kata Yustina Amelia selaku Senior Brand Manager Teh Pucuk Harum yang mendukung program tersebut. Ia berharap para penikmat kuliner bisa menjadikan program ini sebagai rekomendasi kuliner favorit untuk berbuka puasa.

BACA JUGA : Omset Anjlok Terdampak Pandemi, UMKM di Modinan Ajak 

Harapannya banyak UMKM terdampak pandemi yang terbantu dengan program promosi gratis itu. Sehingga banyak pengunjung yang datang. Kuliner termasuk sektor strategis yang mampu menarik perhatian masyarakat karena banyaknya makanan hits bermunculan dari para UMKM.