Mengejutkan, Calon Pengganti Hanafi Rais di DPR Hengkang dari PAN

Yuni Astuti saat memberikan keterangan terkait pengunduran dirinya dari PAN. - ist.
21 April 2021 23:37 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kabar mengejutkan datang dari Partai Amanat Nasional (PAN) DIY. Politikus Yuni Astuti yang tinggal selangkah lagi akan melakukan pergantian antar waktu (PAW) menduduki kursi di DPR RI yang ditinggalkan Hanafi Rais justru mundur dari partai berlambang matahari itu.

Yuni menyatakan surat pengunduran dirinya telah dikirim ke DPP PAN dan ditembuskan ke DPW PAN DIY pada Rabu (21/4/2021). Ia sengaja mengajukan pengunduran diri dari PAN bertepatan dengan Hari Kartini bentuk komitmen sebagai perempuan yang memiliki kemandirian dalam berpolitik. Ia masuk dalam jajaran kepengurusan DPW PAN DIY dan terlibat banyak dalam sejumlah aktivitas politik di DIY.

BACA JUGA : Bentuk Pengurus Baru, PAN Gunungkidul Incar 9 Kursi DPRD

“Di hari Kartini ini saya menyatakan mundur dari keanggotaan dan kepengurusan PAN secara keseluruhan. Saya juga minta maaf pada rekan-rekan yang mendukung, saya belum bisa menjadi perwakilan mereka. Tapi, saya tetap berjuang dengan cara sendiri,” katanya Rabu (21/4/2021).

Yuni enggan mengungkap secara detail alasan pengunduran dirinya. Ia hanya mengaku kurang nyaman dengan kondisi partai saat ini. Sekaligus menyadari bahwa haknya sebagai politikus yang bakal menggantikan Hanafi Rais untuk duduk di kursi DPR RI otomatis akan hilang. Baginya tak terlalu prestisius menduduki kursi DPR dari hasil PAW kursi yang ditinggalkan Hanafi Rais. Karena hakekatnya perjuangan politik itu sebelumnya dilakukan Hanafi Rais.

“Saya mundur karena merasa kurang nyaman. Otomatis soal PAW ini saya kembalikan ke PAN, itu haknya PAN. Dengan pengunduran diri saya, tidak mungkin PAW bisa diproses. Tapi tidak masalah, pandangan beberapa teman juga begitu, banyak yang bertanya, kan tinggal selangkah lagi dilantik, mengapa mundur?. Saya bukan tipikal begitu, saya seorang petarung, kalau kita mau jujur, PAW itu prosesnya bukan dari perjuangan saya. Itu proses perjuangan Mas Hanafi,” ujarnya.

BACA JUGA : Ponimin Kembali Terpilih sebagai Ketua DPD PAN 

Ia mengaku belum memutuskan untuk berlabuh ke partai lain, namun menurutnya ada sejumlah elite maupun kader partai lain yang mengajaknya bergabung. “Saya masih berpolitik, kalau yang melamar dari partai lain sudah banyak, tapi tunggu dulu lah,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Harianjogja.com, putra Amien Rais, Hanafi Rais mengundurkan diri dari kepengurusan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) 2020-2025 dan jabatannya sebagai anggota DPR RI. Pernyataan mundur tersebut dituangkan Hanafi dalam sebuah surat yang dibubuhi materai di atas tanda tangannya. Surat itu dibuat di Jakarta pada Selasa, 5 Mei 2020 silam.

Mengacu pada Pasal 242 ayat 1 UU No.17/2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), anggota DPR yang berhenti antarwaktu digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam parpol dan daerah pemilihan yang sama. Berdasarkan data di laman resmi KPU Pusat, suara terbanyak kedua di bawah Hanafi Rais adalah Yuni Astuti.