Menparekraf Sandiaga Apresiasi Industri Kreatif di Borobudur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno praktek membuat kerajinan kayu di Kriya Kayu RikRok di Dusun Tingal Desa Wanurejo Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (2/4/2021). Harian Jogja - Nina Atmasari.
02 April 2021 15:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi industri kreatif di sekitar destinasi super prioritas sebagai upaya pelibatan warga dalam menghadirkan destinasi yang berkualitas.

Hal itu diungkapkan Sandiaga saat mengunjungi Kriya Kayu RikRok di Dusun Tingal Desa Wanurejo Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (2/4/2021). Kriya Kayu RikRok milik Ipung Purwanto merupakan galeri kerajinan yang memproduksi dan menjual produk dari kayu, batu, rotan dan limbah seperti kain perca, kulit jagung dan lainnya.

"Hari ini kita betul-betul melihat beberapa konvergensi ekonomi kreatif yaitu produk-produk yang bisa dikategorikan kriya dan produk ramah lingkungan karena ini mengolah limbah," kata Sandiaga.

BACA JUGA : Bertemu Sultan, Sandiaga Uno Sebut di Jogja Banyak Jawara

Ia bersama Badan Otorita Borobudur (BOB) ditugasi membangun destinasi superprioritas di Borobudur, tetapi menurutnya tidak akan bisa menghadirkan satu destinasi berkualitas kalau warganya tidak ikut terlibat secara totalitas. "Itu nyambung. Dan kita semua harus kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dan kerja ikhlas," tegas Sandi.

Sandiaga mengapresiasi Kerajinan Kriya Kayu RikRok karena ada aspek konservasi dan ramah lingkungan, dan punya kemampuan menaikkan nilai (value added). "Definisi ekonomi kreatif itu meningkatkan nilai tambah yang berwawasan kewirausahaan, nah ini semua dapat di Rikrok Kriya Kayu," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan ingin menebarkan semangat motivasi bahwa pariwisata dan ekraf akan bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Kita akan melihat dan fasilitasi pembukaan usaha dan kita akan dorong desa wisata sebagai program unggulan dan program andalan," tegasnya.

BACA JUGA : Sandiaga Uno Punya 5 Strategi Bangkitkan Industri Perfilman

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinoeng N. Rachmadi menyambut baik arahan dan dorongan Menteri untuk memperkuat ekraf terutama produk bersifat cenderamata yang membangun kreativitas.

"Kabupaten Magelang khususnya Borobudur dan sekitarnya akan jadi episentrum ekraf yang nantinya akan menjadi simbol-simbol yang siap menjadi pilar-pilar pariwisata di masa depan. Dalam konteks ini, kolaborasi bukan hanya dengan komunitas penggiat pariwisata, seniman dan seniwati, tetapi yang akan kami intensifkan adalah dengan akademisi, pentahelix dengan konsep pengembangan pariwisata menuju kreasi-kreasi baru demi bangkitnya pariwisata," katanya.

BACA JUGA : Demi Pemulihan Pariwisata, Presiden Jokowi Beri Pesan

Pemilik Kriya Kayu RikRok, Ipung Purwanto mengatakan pariwisata menjadi pendongkrak usaha yang lainnya dan usahanya termasuk yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. "Ini untuk pembelajaran kita. Bagaimanapun kita tetap harus survive," katanya.