Advertisement

Mengenal Vaksin AstraZeneca, Ada Kandungan Adenovirus Simpanse?

Desyinta Nuraini
Jum'at, 12 Maret 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Mengenal Vaksin AstraZeneca, Ada Kandungan Adenovirus Simpanse? Vaksin Oxford dan AstraZeneca

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah baru saja menerima vaksin Covid-19 AstraZeneca sebanyak 1,1 juta dosis.

Vaksin ini akan digunakan dalam program vaksinasi nasional selain Sinovac yang saat ini sudah disuntikkan kepada tenaga medis, pekerja publik, dan lansia.

Advertisement

Namun seperti apakah vaksin AstraZeneca itu? Associate Professor dan Peneliti Kimia Farmasi Universitas Putra Malaysia Bimo A. Tejo mengatakan vaksin ini mengandung bahan aktif adenovirus dari simpanse (ChAdOx1) yang disisipi gen bagian protein spike dari virus SARS-Cov-2.

Mengutip SehatQ, adenovirus adalah jenis virus penyebab munculnya flu pada hewan simpanse. Vaksin buatan farmasi AstraZeneca dan Oxford ini menggunakan adenovirus pada simpanse yang sudah dilemahkan. Kemudian, kode genetik dari adenovirus diubah para peneliti supaya tidak berkembang biak saat masuk ke tubuh manusia.

Saat digunakan pada tubuh manusia, tubuh akan melihatnya sebagai virus corona sehingga sistem imun tubuh dapat belajar untuk mengalahkannya., 

"Adenovirus yang telah disisipi gen protein spike ini akan memasuki sel manusia dan memproduksi protein spike yang memicu kekebalan terhadap virus SARS-CoV-2," tulis Tejo dalam akun Instagramnya dikutip Bisnis, Jumat (12/3/2021). 

Selain bahan aktif, vaksin AstraZeneca juga mengandung bahan inaktif seperti L-histidine, L-Histidine hydrochloride monohydrate, ethanol yang berfungsi melindungi vaksin dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Kemudian magnesium chloride hexahydrate atau garam penstabil adenovirus, polysorbate 80 yang berfungsi mencegah melekatnya bahan aktif ke dinding botol kaca, sucrose atau gula untuk melindungi vaksin pada suhu rendah. 

Selanjutnya sodium chloride atau garam dapur agar vaksin bersifat isotonik, disodium edetate dehydrate yang mampu menangkap pengotor logam, dan terakhir yaitu air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Warga Kulonprogo Ajukan Gugatan Disebut Nonpribumi Saat Balik Nama Sertifikat, Sidang Ditunda Lagi

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement