Begini 2 Skenario agar Indonesia Bebas Covid-19

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada nakes di Puskesmas Kalibawang, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, Selasa (2/2/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
09 Februari 2021 17:37 WIB Desyinta Nuraini News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan ada dua skenario yang bisa ditempuh agar Indonesia bisa bebas Covid-19.

Pertama yakni dari sisi keseriusan vaksinasi yang menghantarkan tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Dia menjelaskan pemerintah memiliki target vaksinasi 181 juta dalam 15 tahun. Dari kalkulasi Zubairi, diharapkan dalam 1-2 tahun atau paling lama 3 tahun herd immunity akan tercapai.

"Kalau virus ingin menular, ke sini kebal, ke sana kebal, virusnya pusing, yaudah tidur saja," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (9/2/2021).

Dari skala dunia, berkaca pada AS, negara super power dan kaya saja nyatanya menempati posisi 1 penularan virus Covid-19. Tentu untuk mencapai herd immunity untuk negara tersebut dengan menggunakan vaksin masih jauh dari harapan.

"Kalau belajar juga mengenai, penyakit, virus, hanya 1 yang hilang di dunia, cacar. Kalau sampai tereradikasi, 10 tahun bisa, tapi masih jauh api dari panggang," tuturnya.

Namun skenario paling mungkin kata Zubairi yakni sebagian besar penduduk dunia divaksinasi dan akhirnya timbul kekebalan kelompok. Dengan begitu, Indonesia juga bisa mengatasi Covid-19.

"Terjadi herd immunity, virus pusing, tidur, paling jadi endemi bukan pandemi lagi. Masih menemani kita jangka panjang namun tidak seperti sekarang," jelasnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia