Advertisement

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem, Ada Potensi Gelombang Sangat Tinggi di Laut DIY

Newswire
Rabu, 27 Januari 2021 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem, Ada Potensi Gelombang Sangat Tinggi di Laut DIY Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, CILACAP--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca buruk di wilayah selatan Pulau Jawa di antaranya Jawa Tengah dan DIY. Baik berupa angin kencang maupun gelombang tinggi.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Cilacap, untuk mewaspadai angin kencang yang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Advertisement

"Sejak kemarin (26/1) hingga beberapa hari ke depan, di wilayah Jawa Tengah umumnya dan Cilacap pada khususnya akan berpotensi bertiup angin yang cukup kencang," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Rabu (27/1/2021).

Ia mengatakan berdasarkan pantauan pada Selasa (26/1/2021), kecepatan angin maksimum yang bertiup di wilayah Cilacap mencapai 25 knot dan pada hari Rabu (27/1/2021) mencapai 32 knot.

BACA JUGA: Merapi Bergejolak, Muntahkan 36 Awan Panas dalam 14 Jam

Menurut dia, hal itu terkait dengan adanya beberapa pusat tekanan rendah yang terpantau di utara Australia, Samudra Pasifik sebelah timur laut Australia, dan Samudra Hindia barat laut Australia.

"Sementara itu, di benua Asia terdapat pusat tekanan tinggi. Perbedaan tekanan yang cukup tinggi antara belahan Bumi utara atau Asia dan belahan Bumi selatan atau Australia mengakibatkan angin bertiup cukup kencang," katanya menjelaskan.

Teguh mengatakan secara umum angin kencang di Cilacap lebih cenderung terjadi pada siang hingga menjelang malam hari.

Menurut dia, dampak lain yang ditimbulkan angin kencang itu adalah wilayah perairan maupun Samudra Hindia selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi terjadi gelombang tinggi hingga sangat tinggi, sehingga perlu kewaspadaan terhadap angin kencang tersebut terutama bagi para nelayan.

"Untuk mengurangi dampak angin kencang, salah satunya adalah dengan menebang pohon yang sudah rapuh, pohon yang dekat rumah, atau pohon yang bisa membahayakan. Selain itu, hindari berlindung di baliho karena dikhawatirkan bisa roboh," katanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement