Advertisement

Benarkah Cara Menyuntik Vaksin ke Presiden Jokowi Salah?

Andhika Anggoro Wening
Selasa, 19 Januari 2021 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Benarkah Cara Menyuntik Vaksin ke Presiden Jokowi Salah? Presiden Joko Widodo (kiri) disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). ANTARA FOTO - Setpres/Agus Suparto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Belakangan ini beredar pesan berantai di media sosial dan Whatsapp Grup mengenai cara menyuntik vaksin ke Presiden Joko Widodo yang dianggap gagal dan harus diulang. Dalam pesan tersebut dijelaskan secara gamblang mengenai cara menyuntik yang dianggap tidak menembus otot.

Ketua satgas Covid-19 IDI Zubairi Djoerban lalu angkat bicara dan menegaskan pesan berantai yang beredar tersebut tidak benar.

Advertisement

Lewat akun twitternya, Zubairi menulis mengenai cara penyuntikkan vaksin yang dilakukan Profesor Abdul Muthalib ke Presiden Jokowi pada tanggal 13 Januari lalu sudah benar.

Zubairi menulis penjelasan ini berdasarkan penelitian berjudul Mitos Injeksi Intramuskular Sudut 90 Derajat yang ditulis oleh DL Katsma dan R Katsma yang diterbitkan di National Library of Medicine pada edisi Januari-Februari 2000.

Berikut penjelasan lengkap Zubairi yang ditulis di akun twitternya pada Senin (18/1/2021) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pelaku UMKM di Jogja Disorong Segera Urus Sertifikasi Halal Sebelum Oktober 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement