Advertisement

Terima Uang Rp300.000 dari Imam Nahrawi, Pengawal Tahanan KPK Dipecat

Edi Suwiknyo
Senin, 21 Desember 2020 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Terima Uang Rp300.000 dari Imam Nahrawi, Pengawal Tahanan KPK Dipecat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (tengah) didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto (kiri) dan Plt. Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019). - JIBI/Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang petugas pengawal tahanan KPK dipecat karena menerima duit Rp300.000 dari eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menprora) Imam Nahrawi.

"Betul," kata Anggota Dewas KPK Harjono saat dikonfirmasi JIBI, Senin (21/12/2020).

Advertisement

Pemecatan pegawai KPK tersebut diputuskan dalam sidang etik Dewas KPK. Di sisi lain, penasihat hukum Imam Nahrawi Wa Ode Nur Zainab mengaku tidak mengetahui ihwal pemberian uang tersebut.

Dia mengatakan bahwa dia tak pernah melihat kliennya membawa uang selama menjadi tahanan KPK. Oleh karena itu dia tidak yakin pengawal tahahan itu menerima duit dari eks Menpora tersebut.

"Saya tdk yakin akan hal itu, karena setahu saya selama ini Pak Imam tidak pegang uang selama di Rutan (sesuai aturan Rutan). Untuk kebutuhan makan, sudah tersedia dari Rutan dan dapat kiriman makanan dari keluarga saat jadwal kunjungan," katanya.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan vonis 7 tahun penjara kepada mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Hal itu disampaikan Hakim Ketua Rosmina saat membacakan putusan, Senin (29/6/2020).

Selain pidana, Imam juga dihukum membayar denda Rp400 juta subsider 3 bulan kurungan.

Hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa membayar uang pengganti sejumlah Rp18,15 miliar. Jika uang tersebut tidak diabayarkan paling lambat 1 bulan setelah putusan maka harta milik Imam dapat disita untuk kemudian dilelang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement