Advertisement

Pakar Sebut Vaksinasi Covid-19 Cuma Butuh 10 Menit per Orang

Aprianus Doni Tolok
Senin, 30 November 2020 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Pakar Sebut Vaksinasi Covid-19 Cuma Butuh 10 Menit per Orang Relawan dan Tenaga Kesehatan melakukan simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Bisnis - Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Proses vaksinasi Covid-19 dimulai dari pendaftaran hingga penyuntikkan diprediksi hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

Hal itu disampaikan pakar imunisasi Elizabeth Jane Soeardi dalam diskusi terkait proses penyimpanan vaksin dengan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro.

Advertisement

Elizabeth Jane Soepardi menyampaikan bahwa idealnya pemberian vaksin Covid-19 sudah terjadwal, baik tempat hingga tanggal dan jam penyuntikkan.

“Baik petugas yang memberi pelayanan maupun masyarakat harus tahu sehingga pada waktunya nanti pemberi pelayanan dengan yang dilayani itu ketemu, teratur,” kata Elizabeth pada video yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (20/11/2020).

Jika semua pihak terkait telah mengetahui jadwal tersebut, Jane memprediksi bahwa hanya dibutuhkan waktu maksimal 10 menit untuk setiap orang yang divaksinasi yakni mulai dari pendaftaran hingga penyuntikkan.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa vaksin yang masuk ke Indonesia pasti akan masuk ke PT Bio Farma (Persero) sebelum didistribusikan ke seluruh Indonesia.

“Mereka [Bio Farma] sudah mempunyai armadanya untuk penerima vaksin dan mendistribusikannya,” ujarnya.

Seluruh provinsi pun, sambungnya, sudah memiliki cold room sebagai tempat penyimpanan vaksin selama 3-6 bulan yang secara bertahap dikirimkan ke kabupaten/kota hingga rumah sakit dan puskesmas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement