Advertisement

Unik, Kampus di Bali Ini Pakai Kelapa Murni sebagai Alat Pembayaran Biaya Kuliah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 09 November 2020 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Unik, Kampus di Bali Ini Pakai Kelapa Murni sebagai Alat Pembayaran Biaya Kuliah ilustrasi kelapa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Akademi Pariwisata Venus One, sebuah perguruan tinggi perhotelan di Bali, Indonesia, menerima kelapa sebagai bentuk pembayaran uang sekolah dari mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Perguruan tinggi ini terletak di Kabupaten Tegalalang.Adapun kelapa yang dijadikan alat pembayaran adalah jenis kelapa murni.

Advertisement

Siswa juga dapat membayar menggunakan daun dari tanaman kelor dan pegagan, yang dapat diubah menjadi sabun herbal dan dijual untuk mengumpulkan uang bagi akademi.

Kelapa itu, nantinya akan diolah menjadi minyak kelapa murni. Program tersebut telah berjalan sejak Maret.

Direktur Akademi Pariwisata Venus One, Wayan Pasek Adi Putra, mengatakan awalnya, skema pembayaran uang sekolah dicicil tiga kali, dengan angsuran pertama 50%, yang kedua 20%, dan yang ketiga 30%.

"Karena pandemi Covid ini, kami menerapkan kebijakan yang fleksibel. Kami memproduksi minyak kelapa murni, sehingga mahasiswa bisa membayar SPP dengan membawa kelapa. " ujarnya seperti dilansir dari Insider.

"Kita harus mendidik mereka untuk mengoptimalkan sumber daya alam di sekitar mereka. Ketika pandemi selesai, mereka akan memasuki dunia perhotelan dengan keterampilan berbeda." tambahnya.

Mahasiswa yang tinggal di daerah dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi tidak diperbolehkan menghadiri perkuliahan secara langsung. Mereka yang berasal dari daerah yang kurang terkena dampak dibagi menjadi tiga kelompok dan harus mengambil kelas mereka secara bergilir.

Bali adalah tujuan wisata internasional utama tetapi pada bulan Agustus, pemerintah Bali menutup pulau itu untuk pengunjung di luar Indonesia hingga 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bus Terbakar di Ring Road Barat Gamping Sleman

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement