Presiden Jokowi Ucapkan Selamat untuk Biden dan Harris

Presiden Joko Widodo - Youtube Sekretariat Presiden
08 November 2020 15:47 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Terpilihnya Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat memantik perhatian Presiden Indonesia, Joko Widodo. Presiden yang akrab disapa Jokowi ini turut memberikan ucapan selamat untuk keduanya. 

“Selamat terhangat saya @JoeBiden dan @KamalaHarris atas pemilihan bersejarah Anda. Hasil yang sangat besar adalah cerminan dari harapan yang besar pula pada demokrasi,” kata Presiden Jokowi melalui akun Twitter @jokowi, Minggu (8/11/2020).

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap di masa mendatang kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat semakin kuat seperti di bidang ekonomi, demokrasi, dan bidang multilateral lainnya yang menyejahterakan rakyat.

Biden menjadi presiden terpilih Amerika Serikat ke-46 setelah meraup 284 suara elektoral atau melampaui minimal 270 suara yang dibutuhkan untuk mengamankan kursi kepresidenan.

Pada saat yang sama, sang petahana, Donald Trump hanya mengantongi 214 suara elektoral.

Biden menjadi presiden pertama yang menggulingkan presiden petahana AS setelah satu masa jabatan sejak Bill Clinton mengalahkan George H.W. Bush pada 1992.

Biden sekaligus menjadi Presiden AS tertua dalam sejarah Negeri Pamam Sam.

Fakta menarik lainnya adalah sang Wapres, Kamala Harris juga menjadi perempuan keturunan Indian-Amerika pertama yang menjabat sebagai wakil presiden.

Sumber : bisnis.com