Advertisement

Alasan Imunisasi Penting Dilakukan Sejak Dini

Aprianus Doni Tolok
Sabtu, 03 Oktober 2020 - 07:57 WIB
Nina Atmasari
Alasan Imunisasi Penting Dilakukan Sejak Dini Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) memberikan vaksin imunisasi kepada balita di Posyandu Kunir, Desa Sukaurip, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (10/8/2020). Pemerintah mulai mengaktifkan kembali posyandu desa yang sempat terhenti sejak pandemi COVID-19 dengan memperketat protokol kesehatan dan menyesuaikan kondisi Adaptasi Kebiasaan Baru. - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Imunisasi secara rutin sejak usia dini mampu mencegah seseorang terjangkit berbagai penyakit berbahaya. Masyarakat harus dapat memperhatikan secara seksama waktu dan saat imunisasi, serta sebaiknya dilakukan secara berkala.

Hal itu diungkapkan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Vensya Sitohang dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Vaksin: Melindungi Diri, Melindungi Negeri" yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), dikutip dari siaran pers, Jumat (2/10/2020). "Imunisasi melindungi diri dari penyakit berbahaya dan juga aman bagi manusia," ujarnya.

Advertisement

Baca juga: Terinfeksi Covid, Donald Trump Terancam Komplikasi

Lebih lanjut, vaksin yang diberikan pada setiap anak saat imunisasi merupakan hasil penelitian yang panjang oleh para ahli.

Dari hasil tersebut, sambung Vensya, para ahli mampu membuat formulasi yang ampuh untuk mencegah seseorang terinfeksi virus berbahaya yang dapat mengancam jiwa. Vaksin yang sudah ditemukan pun mampu menangkal virus berbahaya seperti Tuberkulosis (TBC), rubella, pneunomia, perkusis, dan bahkan kanker mulut rahim.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Usia Muda

Pemerintah, lanjutnya, telah memiliki rencana jangka panjang yang detail terkait upaya pemberantasan penyakit berbahaya tersebut melalui kegiatan imunisasi.

Bahkan, langkah itu pun sudah berbuah manis yakni pemberantasan penyakit berbahaya melalui imunisasi telah mendapat pengakuan dari negara lain. Contohnya, pada 2006, Indonesia telah berhasil melakukan memberantas penyakit polio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement