5 Persen Orang Brasil Bakal Menolak Disuntik Vaksin Covid-19, Alasannya Ragu hingga Anggap Manipulasi Genetik

Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
07 September 2020 08:47 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Uji coba vaksin virus Covid-19 dilakukan berbagai negara. Lima persen orang Brasil akan menolak dalam keadaan apa pun untuk menerima vaksinĀ  virus corona.

Sementara itu, 20 persen lainnya mengindikasikan mereka mungkin tidak menerimanya. Demikian menurut sebuah survei yang diterbitkan di surat kabar O Estado de S Paulo pada Minggu (6 September) dikutip dari channelnewsasia.

Baca juga: Kemendagri Minta Pelanggar Protokol Kesehatan Saat Pilkada Diberi Sanksi Tegas

Alasan yang diberikan oleh mereka diantaranya karena keraguan atas keamanan dan keefektifannya, dan teori konspirasi yang tidak berdasar seperti ketakutan akan manipulasi genetik, memiliki chip yang ditanamkan dengan mengambilnya, dan kekhawatiran membuat janin diaborsi.

Jajak pendapat Ibope untuk organisasi non-pemerintah Avaaz itu, mensurvei 1.000 orang di seluruh negeri, kata surat kabar itu.

Dari mereka yang menyatakan keengganan untuk mengambil vaksin, 34 persen berada dalam rentang usia 25-34 tahun. Jajak pendapat menunjukkan bahwa 75 persen orang Brasil akan mengambil vaksin jika sudah tersedia.

Baca juga: PKS Khawatir Pilkada Serentak Jadi Klaster Baru Corona

Survei tersebut dilakukan setelah Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro, yang secara konsisten meremehkan tingkat keparahan wabah virus korona, menegaskan kembali pekan lalu bahwa vaksinasi COVID-19 tidak akan wajib ketika tersedia.

Brasil memiliki jumlah kasus virus corona tertinggi kedua mencapai 4,1 juta dan jumlah kematian sebanyak 126.203.

Sumber : Bisnis.com