Advertisement

Upacara Hari Kemerdekaan RI Akan Digelar Minimalis, Ini Simulasinya

Muhammad Khadafi
Minggu, 12 Juli 2020 - 15:57 WIB
Sunartono
Upacara Hari Kemerdekaan RI Akan Digelar Minimalis, Ini Simulasinya Bendera Merah Putih. Peringatan Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia tahun ini akan diselenggarakan dengan petugas yang hadir di lapangan berjumlah minimal. Masyarakat diminta mengikuti upacara secara virtual dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Istana Kepresidenan, Minggu (12/7/2020), mengadakan latihan penaikan bendera merah putih sebagai persiapan upacara hari ulang tahun Republik Indonesia Ke-75.

Dalam latihan tersebut pasukan pengibar bendera sang saka merah putih (Paskibraka) sangat minimal, yakni 3 orang baik untuk menaikan dan menurunkan bendera.

Advertisement

“Ini akan menjadi pedoman daerah yang akan memperingati upacara kemerdekaan, jadi nanti akan seperti ini di mana protokol kesehatan diutamakan, dengan menggunakan masker dan sarung tangan, karena tetap kita harus utamakan kesehatan,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Istana pada tahun ini  menyiapkan 8 orang Paskibraka yang berasal dari tim cadangan 2019.

“Jadi total yang disiapkan ada 5 laki-laki dan 3 perempuan. Sudah berdasarkan data tahun lalu dan berdasarkan nilai tahun lalu. Jadi sudah ada keputusan siapa yang dipilih,” tambah Bey.

Bey melanjutkan bahwa peserta upacara pun hanya terdiri dari 20 orang. Mereka adalah 5 orang perwakilan dari unsur TNI AU, TNI AD, TNI AL, dan Polri.

Bey menjelaskan bahwa durasi upacara bendera masih tetap sama, yakni mulai pukul 09,45 WIB sampai 10,40 WIB. Namun acara penaikan bendera dan penurunan bendera akan dipindahkan secara virtual.

“Tetap kita berharap ada kesemarakan melalui acara sebelum penaikan dan penurunan, acara hiburan yang biasanya ditampilkan di istana, kali ini akan ditampilkan di televisi saja,” kata Bey.

Seperti diketahui, pemerintah membatalkan perayaan kemerdekaan tahun ini secara megah. Pandemi Covid-19 yang diperkirakan masih akan berlangsung pada Agustus 2020 membuat kegiatan perayaan HUT ke-75 RI akan banyak dilakukan secara virtual dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Terkait hal itu, pemerintahan Presiden Joko Widodo mengenalkan kebiasaan baru dalam merayakan hari kemerdekaan. Pemerintah mengajak seluruh masyarakat ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara serempak dan bersamaan.

“Di seluruh penjuru tanah air, agar dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya saat 17 Agustus dilangsungkan. Ini diperkirakan pukul 10.15 pagi, pada saat jam 10 akan ada sirene panjang. Beberapa saat ada sirene lagi kita akan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers bertema Peringatan HUT ke-75 RI, Senin (6/7/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement