Dilaporkan Tak Patuh Protokol, Begini Tanggapan Ketua KPK ...

Ilustrasi. - Ist/Freepik
23 Juni 2020 09:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTAMasyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri atas dugaan pelanggaran etik ke Dewan Pengawas KPK.

Dalam laporannya, MAKI menuding Firli dianggap tak mematuhi protokol kesehatan karena dianggap tidak memakai masker saat kunjungannya ke Provinsi Sumatera Selatan ketika bertemu warga pada Sabtu (20/6/2020) lalu.

Merespon pelaporan tersebut, Firli membantahnya. Mantan Kapolda Sumsel tersebut bahkan menyebut laporan MAKI melalui koordinatornya Boyamin Saiman, tidak benar lantaran dirinya mematuhi protokol kesehatan.

"Yang menyebutkan bahwa saya tidak mengenakan masker pada saat saya bergiat diluar kota, sebenarnya itu tidak benar," kata Firli melalui keterangannya pada Senin (22/6/2020).

Firli mengungkapkan, selama kunjungannya ke Baturaja, Ogan Komering Ulu telah menyiapkan setidaknya tiga jenis masker.

"Saya taat aturan dan patuh terhadap anjuran protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Saya memakai tiga jenis bentuk masker," ujar Firli.

Firli mengatakan, tiga masker yang disiapkannya yakni berjenis, E masker yang diletakan di kantong baju. Kedua, masker yang dipasang dan dijepitkan di antara lubang hidung dan masker jenis N95.

Dia juga menyayangkan sikap Boyamin, yang tanpa mengetahui duduk masalahnya, langsung melaporkan atas dugaan pelanggaran etik.

"Saya sangat menyayangkan ada pihak yang mengkritisi saya dengan membuat keterangan yang tidak sesuai dengan keutuhan fakta," katanya.

Firli pun memaklumi sebagai pimpinan KPK, pasti mendapatkan sejumlah kritik.

"Itulah perjalanan sebagai pimpinan KPK. Jikapun Odin The All Father turun dari Asgard ke Bumi dan menjadi Ketua KPK, pasti akan tetap dikritik. Saya sangat paham pada perhatian ini," katanya.

Sumber : Antara