Kemendikbud Kucurkan Rp1 Triliun untuk Bantu Biaya Kuliah 410.000 Mahasiswa Kampus Swasta

Ilustrasi mahasiswa - Pixabay
19 Juni 2020 15:37 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelontorkan dana bantuan sebesar Rp1 triliun kepada 410.000 mahasiswa di perguruan tinggi swasta (PTS) yang memerlukan keringanan biaya uang kuliah tunggal (UKT).

Mendikbud Nadiem Makarim dalam penjelasannya, Jumat (19/6/2020), menyebut bantuan itu untuk mahasiswa terdampak Covid-19. Dia menuturkan dana Rp1 triliun itu didapat dari sisa anggaran sebesar 4,1 triliun untuk beasiswa pendidikan tinggi pada tahun 2020.

BACA JUGA: Ratusan Pesilat Bentrok dengan Warga, Rumah Dirusak

“Sekitar Rp1 triliun dana bantuan UKT disalurkan kepada mahasiswa di PTS. Ini khusus untuk pembayaran UKT yang sedang menjalankan kuliah tetapi bukan pemegang KIP Kuliah dengan kondisi keuangan yang rentan,” kata Nadiem secara daring kepada awak media di Jakarta.

Menurut dia, perguruan tinggi swasta menjadi mitra pendidikan nasional yang paling rentan akibat dampak ekonomi pandemi Covid-19. Dia beralasan pendapatan dan pendanaan dari PTS berasal dari UKT yang dibayarkan oleh mahasiswa yang juga rentan.

BACA JUGA: Guru Besar UGM: Dexamethasone Tidak Bisa Mengobati Pasien Covid-19 Ringan

“Dari segi institusi swasta, m semua pendapatan dan pendanaan dari UKT mahasiswa, jadi  bukan hanya mahasiswa yang rentan tetapi juga institusinya,” tuturnya.

Dia memerinci penerima bantuan UKT itu diperuntukkan untuk mahasiswa PTS yang sedang menjalankan perkuliahan di semester 3,5,7  pada tahun 2020.

“Selain itu, orangtua atau penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial dan tidak sanggup bayar UKT semester ganjil 2020,” tambah Nadiem.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia