Advertisement

Luhut Minta Anak Muda Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Newswire
Jum'at, 05 Juni 2020 - 16:27 WIB
Sunartono
Luhut Minta Anak Muda Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Luhut Binsar Panjaitan - Antara/M. Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta anak muda terus berkreasi dan menciptakan sesuatu membanggakan yang bisa mendukung pemulihan ekonomi.

"Kalian para anak muda, harus ada kreasi, ciptakan kreasi. Jadi jangan hanya jadi sekrup, tetapi kalian harus menciptakan tempat untuk sekrup tersebut, kalian mengatur sedemikian rupa sekrup-sekrup tersebut, sehingga tercipta sesuatu yang hebat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Advertisement

Luhut menyampaikan hal tersebut kepada 680 anak muda yang tergabung dalam Tim Dana Indonesia (DANAMAZE) melalui konferensi video, Kamis (4/6/2020).

Dalam acara tersebut Luhut menjelaskan berbagai isu terkini yang mengemuka, termasuk menjabarkan berbagai upaya dan kerja total pemerintah guna pengendalian dan pemulihan ekonomi, dampak dari pandemi Covid-19.

"Pola hidup kita harus berubah menjadi lebih sehat dan bersih. Pemerintah telah menetapkan regulasi untuk mengubah perilaku masyarakat untuk meningkatkan ketahanan kesehatan. Budaya memakai masker, jaga jarak, dan lebih sering mencuci tangan akan menjadi kebiasaan baru masyarakat kita," tambahnya.

Terkait pemulihan ekonomi, Luhut juga menjelaskan dukungan pemerintah untuk sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Ia juga menuturkan peran dompet digital untuk distribusi logistik bagi masyarakat.

"Platform penjualan online menjadi solusi karena mampu bertahan di tengah pandemi, namun banyak juga UMKM yang belum melek online. Oleh karenanya kini saatnya kita bergotong-royong merangkul UMKM. Kemudian, salah satu tantangan pemerintah, ialah jalur distribusi logistik, dompet digital akan sangat dipertimbangkan," katanya.

Luhut kembali berpesan bahwa kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan sangat diperlukan. Demikian pula peran anak-anak muda kreatif untuk turut mengkampanyekan hal tersebut kepada masyarakat juga sangat penting.

"Untuk pemulihan ekonomi, pemerintah juga telah melakukan langkah-langkah, agar semua kementerian/lembaga meningkatkan pembelian produk ekonomi kreatif, baik via e-commerce atau e-catalogue LKPP, sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Selain itu meningkatkan porsi penerimaan negara dari wisatawan domestik dan asing, dengan juga menerapkan protokol keamanan dan keselamatan dan mencakup aspek kebersihan dan kesehatan di destinasi wisata, asal jujur, bekerja keras, kerja dengan hati, berbuat baik dengan semua orang tanpa ada batasan SARA. Saya yakin bisa melewati segala tantangan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement