Advertisement

Kelompok Paling Rentan Tertular Covid-19 Perlu Bantuan Makanan Bergizi

Nina Atmasari
Kamis, 14 Mei 2020 - 03:47 WIB
Nina Atmasari
Kelompok Paling Rentan Tertular Covid-19 Perlu Bantuan Makanan Bergizi Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Ada beberapa kalangan yang dikategorikan sebagai kalangan rentan tertular Covid-19, yaitu orang lanjut usia, anak-anak, tenaga medis, dan relawan-relawan yang bergerak di masyarakat. Orang lanjut usia merupakan kelompok yang paling rentan terhadap COVID-19.

Melihat fakta tersebut, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (FTP UGM) bekerjasama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) berkomitmen untuk membantu kalangan rentan dalam mengakses makanan yang bergizi untuk tubuh.

Advertisement

Upaya ini dilakukan dengan mendistribusikan makanan bergizi kepada kalangan rentan. Pada saat pandemi COVID-19 ini, FOI memelopori “Gerakan Mereka Butuh Kita (GMBK) ” yang diharapkan dapat berkontribusi dalam pencegahan penularan COVID-19 di Indonesia yang secara nasional ada 22 target lokasi.

Salah satu aksi dalam mendukung “Gerakan Mereka Butuh Kita”, FTP UGM dan FOI bekerjasama menyalurkan 10.000 paket sembako untuk lansia sebagai kelompok yang rentan teradap COVID-19 di Jogja.

Pelaksanaan Program GMBK dilakukan dalam lima fase yaitu fase dropping, pengemasan, perencanaan distribusi, distribusi dan laporan dan evaluasi.

Untuk lokasi DIY ada dua tahap yaitu tahap pertama dimulai dropping tanggal 3 Mei 2020 dan dropping kedua direncanakan tanggal 14 Mei 2020. Pendistribuasian tahap pertahap dilakukan pada hari ini Minggu 10 Mei 2020 bertempat di Auditorium Soenjoto Kamariyani Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada.

Dalam pelaksanaan penyaluran bantuan sembako ini, FTP UGM melibatkan mahasiswa, tenaga kependidikan, dan alumni. Adapun FOI Jogja menggandeng relawan mandiri dan pramuka peduli untuk bergerak bersama menyusun target penerima bantuan sembako, melakukan pengemasan, dan pendistribusian paket sembako. FTP UGM juga memberi dukungan dalam fasilitasi lokasi sekreatriat dan penyediaan Gudang penyimpanan.

Prof. Eni Harmayani, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM dalam pengantarnya menyatakan dalam upaya turut membantu mengatasi kondisi pandemik Covid-19 di tanah air yang saat ini terus berkembang, FTP UGM ikut membantu FOI dalam distribusi bantuan pangan agar lebih luas lagi jangkauan areanya di wilayah DIY.

“Tentu saja perlu ada pendampingan dan kerja sama banyak pihak, karena untuk menanggulangi COVID-19 tidak cukup peran dari satu pihak saja. Pembagian bantuan paket donasi sembako ini perlu menggunakan pengawalan dan pengawasan yang ketat agar seluruh masyarakat dapat menikmati bantuan yang diberikan melalui lembaga mandiri ataupun pemerintah", jelas Eni, dalam rilis, Rabu (13/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement