Tes Cepat Corona Gratis Bakal Menyasar Kaum Miskin

Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia menjalani Rapid Test saat tiba di kedatangan Internasional Terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020). - ANTARA FOTO/Umarul Faruq
18 April 2020 17:27 WIB Ipak Ayu H Nurcaya News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penyedia layanan kesehatan ke rumah, Homecare24, dan Kementerian Kesehatan melakukan rapid test Covid-19 gratis dengan salah satu sasarannya adalah masyarakat kurang mampu.

CEO Homecare24 Theresia Lumban Gaol mengatakan program ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk membantu pemerintah dalam pendeteksian dan penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Kami ingin membantu pemerintah, agar pemeriksaan Covid-19 bisa dilakukan secara masif, termasuk bagi mereka yang kurang mampu dan membutuhkan," katanya melalui siaran pers, Sabtu (18/4/2020).

Theresia mengemukakan program ini juga untuk membantu pemerintah untuk mengetahui pola penularan virus di Indonesia yang selama ini lebih banyak terdeteksi diderita oleh kalangan menengah ke atas. Pihaknya ingin membantu pemerintah mengetahui kondisi lebih jauh masyarakat level bawah.

"Ada kemungkinan masyarakat kurang mampu minim dalam mendapatkan akses tes cepat karena faktor biaya, sehingga data mereka yang terdeteksi terpapar juga minim atau karena ada faktor lain, itu yang ingin kami ketahui,” ujarnya.

Program ini dilakukan dengan melibatkan perawat profesional yang sudah terlatih dan tersertifikasi. Program ini juga di bawah pengawasan dari Kemenkes, sehingga pelaksanaan tes, serta hasilnya bisa terjamin keakuratannya.

Pihaknya akan mendatangi langsung beberapa lokasi yang ditinggali banyak masyarakat kurang mampu. Selain itu program Rapid Test Covid-19 ini juga melibatkan organisasi Gerakan Jaga Indonesia dan Daihatsu.

Sumber : Bisnis.com