Penerbangan Belum Dapat Izin, 208 Warga China Terdampar di Bandara Soetta

Warga berada di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Minggu (12/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
05 April 2020 15:17 WIB Anitana Widya Puspa News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Penerbangan dengan pesawat carter Garuda Indonesia dengan nomor GA8900 tujuan Guangzhou dibatalkan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, Saffar Muhammad Godam mengakui telah dilakukan pembatalan keberangkatan terhadap 208 penumpang Warga Negara Asal China menggunakan pesawat carter Garuda Indonesia.

Penerbangan bernomor GA8900 dengan tujuan Guangzhou, China merupakan pesawat carter dari travel ABS.

"Pembatalan dilakukan karena sampai saat ini laporan dibuat belum mendapat persetujuan dari otoritas pemerintah China," jelasnya, Minggu (5/4/2020).

Sebelumnya beredar informasi Ratusan Warga Negara Asing (WNA) asal China tertahan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan informasi yang terhimpun, mereka tertahan karena tidak diizinkan kembali ke negaranya oleh Otoritas Pemerintah China.

Sebanyak 208 WNA asal China tersebut rencananya kembali ke negara asalnya menggunakan pesawat carter Garuda Indonesia GA-8900 tujuan Guangzhou, China Jumat (3/4/2020).

Padahal paspor dari ratusan WNA tersebut sudah mendapatkan cap clearance oleh Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta.

Seharusnya calon penumpang tersebut tinggal terbang ke China karena sudah berada di boarding lounge Terminal 3.

Namun, cap clearance atau tanda keluar dari negara Indonesia tersebut dibatalkan oleh pihak Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta menyusul adanya pembatalan penerbangan.

Sumber : Bisnis.com