Menyejukkan, Ini Postingan Najwa Shihab soal Finalis Puteri Indonesia Tak Hafal Pancasila

Najwa Shihab. - JIBI/Bisnis Indonesia.com
08 Maret 2020 06:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ajang pemilihan Puteri Indonesia 2020 pada Jumat (6/3/2020) malam menyisakan cerita viral di media sosial. Di mana salah satu finalis dari Sumatera Barat yaitu Kalista Iskandar tidak hafal menyebutkan sila Pancasila yang merupakan pertanyaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo. 

Di tengah sorakan penonton dan bahkan nyinyiran warganet, presenter kondang sekaligus jurnalis Tanah Air Najwa Shihab justru berpendapat lain. Ia mengungkapkan apa yang dirasakan Kalista dikarenakan perasaan gugup, seperti halnya yang pernah ia rasakan di dunia jurnalistik. 

Hal tersebut diunggahnya dalam akun Instagram pribadinya @najwashihab, Sabtu (7/3/2020). 

"Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain. Teringat juga pengalaman meliput bencana tsunami di Aceh. Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi," tulis perempuan yang akrab disapa Nana itu. 

Dari pengalamannya itu, ia menjadi paham akan apa yang dialami Kalista di atas panggung bergengsi Puteri Indonesia itu.

"Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton," tutur Nana. 

Bahkan ia juga memberikan informasi kepada warganet bahwa kondisi serupa juga pernah dialami Ketua MPR Bambang Soesatyo. Menurutnya Bamsoet pernah berada di situasi yang hampir mirip saat momentum pelantikannya menjadi Ketua DPR.

"Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali. We are all humans after all," katanya. 

Unggahan itu mendapat komentar dari Emil Dardak, sang Wakil Gubernur Jawa Timur. Menurutnya, unggahan Najwa Shihab tersebut sangat menyejukkan dan tak semata larut dalam hujatan warganet.

"Mba Najwa @najwashihab , terima kasih atas perspektifnya yang menyejukkan ??? we are all humans after all," tulis Emil. 

Artis Luna Maya pun ikut memberikan komentar. "@najwashihab tahun lalu siaran langsung, salah sebut kpop band NCT ke NTC bahkan sampe 2x , we are only human... ??? thank you for sharing," tulisnya. 

"????? kata-kata yang indah mbak Nana, been there done that ?.we are all humans after all," timpal @itsrossa910.