Advertisement

Liputan Corona, Dewan Pers: Rahasiakan Identitas Pasien

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 05 Maret 2020 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Liputan Corona, Dewan Pers: Rahasiakan Identitas Pasien Sejumlah awak media mendengarkan penjelasan mengenai satu pasien rujukan di RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, Rabu (29/01/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemberitaan mengenai virus Corona semakin gencar seiring pengumuman Presiden Joko Widodo tentang adanya dua WNI yang  positif terjangkit virus mematikan itu. Dewan Pers mengimbau kepada seluruh media untuk tetap memegang pedoman dalam kode etik selama melakukan peliputan.

Melalui rilis resminya yang diterima Harianjogja.com, Kamis (5/3/2020), Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh menyampaikan beberapa hal penting terkait pemberitaan media massa baik cetak maupun elektronik.

Advertisement

"Pemberitaan mengenai virus Corona memgang teguh prinsip kode etik jurnalistik seperti memberitakan secara akurat, berimbang, selalu menguji informasi, tidak beritikad buruk serta dilakukan secara proporsional," tulis Mohammad Nuh.

Dalam pemberitaan, media massa tidak diperkenankan membuat berita yang berlebihan, harus memperhatikan kepentingan publik yang lebih luas, dan tidak menimbulkan kepanikan masyarakat.

"Media massa tidak memuat identitas pasien baik yang dinyatakan positif terkena virus Corona maupun pasien dalam pengawasan otoritas kesehatan baik nama, foto, atau alamat tinggalnya karena pasien adalah korban yang harus dihargai hak privasinya," tegas dia.

Dewan pers juga menyoroti pentingnya media massa untuk menjaga diri agar jangan sampai para awak media justru terjangkit virus Corona saat melakukan liputan di lapangan.

"Media massa bersama otoritas kesehatan menyampaikan informasi yang memberikan kepastian dalam masyarakat dan tidak membuat laporan atau berita yang hanya mencari sensasi dan meresahkan masyarakat," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement