Advertisement

Merapi Erupsi, Hujan Abu Terbawa Angin Sampai Karanganyar

Newswire
Selasa, 03 Maret 2020 - 11:07 WIB
Nina Atmasari
Merapi Erupsi, Hujan Abu Terbawa Angin Sampai Karanganyar Kondisi di parkiran Kantor DPRD Kabupaten Karanganyar, Selasa (3/3/2020) pukul 09.45 WIB. - Ist/ Solopos

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR - Gunung Merapi mengalami erupsi pada Selasa (3/3/2020) pagi dan membuat sejumlah daerah di Soloraya diguyur hujan abu. Angin membawa material vulkanis Gunung Merapi hingga Karanganyar.

Gunung Merapi pagi ini sekitar pukul 05.22 WIB kembali erupsi. Erupsi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi sekitar 7 menit.

Advertisement

Dilansir laman PVMBG, tinggi kolom erupsi sekitar 6.000 meter dari puncak dan awan panas guguran ke arah hulu dengan jarak maksimal 2 km. Saat erupsi terjadi arah angin sedang ke utara.

Pantauan wartawan Solopos, jaringan Harianjogja.com, angin membawa abu ke arah Kabupaten Karanganyar. Hujan abu tipis terjadi di wilayah Karanganyar kota.

Sejumlah foto memperlihatkan kendaraan terdampak abu vulkanis Gunung Merapi. Beberapa foto diambil di parkiran Kantor DPRD Kabupaten Karanganyar, Selasa (3/3/2020) pukul 09.45 WIB.

Kondisi serupa juga terjadi di berbagai tempat lain. Hujan abu yang cukup parah terjadi di sejumlah kawasan di Boyolali seperti kecamatan Mojosongo, Teras, Banyudono, hingga kawasan Kartasura Sukoharjo.

Slamet Martono, Kasi Pelayanan Masyarakat dan SDM PMI Boyolali, membenarkan adanya hujan abu yang terjadi di beberapa wilayah di sekitar Gunung Merapi pada Selasa pagi.

PMI juga telah membagikan sejumlah masker ke para sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Palang Merah Indonesia (Sibat PMI) di Sonodoyo, Cluntang, dan Lencoh.

"Hujan abu tipis tapi campur pasir. Masker kami tempatkan di posko sukarelawan Sibat," kata dia.

Meski kondisi masyarakat saat ini masih beraktivitas seperti biasa, para sukarelawan tetap melakukan pemantauan untuk langkah kesiapsiagaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Budayawan di Jogja Dilibatkan Pembuatan Maskot Pilkada 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement