Advertisement

Usai Erupsi Merapi, Warga di Lereng Beraktivitas Normal

Newswire
Kamis, 13 Februari 2020 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Usai Erupsi Merapi, Warga di Lereng Beraktivitas Normal Penampakan Gunung Merapi daerah Bimomartani, Ngemplak, Sleman. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement


Harianjogja.com, BOYOLALI- Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah mengalami letusan pada Kamis (13/2/2020) pagi dengan durasi 150 detik. Aktivitas warga di lereng Gunung Merapi, Boyolali terpantau masih normal.

Erupsi Gunung Merapi memang sempat membuat kaget warga yang tinggal di Kecamatan Musuk, Boyolali, Kamis (13/2/2020). Namun tidak tampak ada kepanikan. Warga ramai-ramai keluar rumah untuk melihat aktivitas gunung tersebut sambil beberapa di antaranya memotret momen Gunung Merapi erupsi.

Advertisement

Aktivitas warga yang berada di jarak sekitar 8 km dari puncak Gunung Merapi ini juga berlangsung normal. Saat ini sebagian warga sedang berangkat ke ladang untuk memetik bunga mawar untuk selanjutnya dijual ke pasar.

"Tadi kelihatan prempul-prempul (kolom erupsi membumbung), tetap aktivitas seperti biasanya," kata salah seorang warga, Woro, sembari memetik bunga mawar di kebunnya kepada detikcom.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi meletus pada pukul 05.16 WIB pagi tadi. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengungkap tinggi kolom erupsi Gunung Merapi mencapai sekitar 2.000 meter atau 2 km.

Rrupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo 75 mm dengan durasi 150 detik. Status Gunung Merapi masih Waspada sejak 21 Mei 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement