Piala Dunia U-20: Pemerintah Renovasi Stadion Sultan Agung & Kucurkan Rp10 Miliar untuk Bangun Dua Lapangan Latihan di DIY

Stadion Sultan Agung - Harian Jogja/Arief Junianto
30 Januari 2020 19:37 WIB Fitri Sartina Dewi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengucurkan dana hingga Rp300 miliar untuk merenovasi dan membuat lapangan pendukung Piala Dunia U-20 2021. Lapangan di Stadion Sultan Agung Bantul dan dua lapangan lain di DIY  akan direnovasi. Selain itu, dua lapangan baru di provinsi ini akan dibangun dengan anggaran Rp10 miliar.

Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto yang mewakili Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya mengatakan dukungan untuk menyempurnakan stadion penyelenggara Piala Dunia FIFA U-20 tahun depan membutuhkan biaya Rp65 miliar-Rp300 miliar. 

“Rehabilitasi dua venue utama yaitu Stadion Pakansari, Jawa Barat dan Stadion I Wayan Dipta, Bali membutuhkan biaya Rp15 miliar sampai Rp170 miliar,” ujarnya seperti dikutip  dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis (30/1/2020). 

Selanjutnya, Rp40 miliar hingga Rp120 miliar akan dibutuhkan untuk merehabilitasi tiga lapangan pendukung yang berfungsi sebagai lokasi latihan, yakni Stadion Sriwedari Solo, Sultan Agung Bantul, Delta Sidoarjo serta 12 lapangan: yakni lima lapangan di Bogor, empat lapangan di Solo, dan tiga lapangan di DIY. Pemerintah juga membutuhkan Rp10 miliar untuk membangun dua lapangan baru yang akan dipakai sebagai tempat latihan di DIY.

Secara keseluruhan, ada enam lapangan yang akan dipakai untuk latihan kontestan Piala Dunia U-20 2021, yakni Stadion Sultan Agung, tiga lapangan lama yang direnovasi, dan dua lapangan baru yang akan dibuat. Enam lapangan ini akan mendukung Stadion Mandala Krida yang sudah ditetapkan sebagai lokasi pertandingan Piala Dunia U-20.

“Ditargetkan perbaikan seluruh stadion utama dan lapangan latihan selesai pada Desember 2020,” ujar Iwan.

Sebelumnya pada 18 Januari 2020, FIFA telah menetapkan enam stadion yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama GBK di Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Jogja, Stadion Bung Tomo di Surabaya dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.

Di samping itu ada empat stadion lain yang disiapkan sebagai cadangan yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang dan Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Masing-masing stadion akan disokong sedikitnya lima lapangan latihan dengan ketentuan empat lapangan terbuka dan satu lapangan tertutup.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia