Advertisement

Santri Diharapkan Melek Teknologi Digital

Dewi Aminatuz Zuhriyah
Minggu, 26 Januari 2020 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Santri Diharapkan Melek Teknologi Digital Calon Wakil Gubernur Jateng Ida Fauziah berfoto bersama santri. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menginginkan kalangan santri dan pelajar mampu menguasai teknologi dan informasi. Hal ini dirasa penting untuk merespon perkembangan atau revolusi industri 4.0.

Dalam siaran pers, Sabtu (25/1/2020), Ida mengatakan pada era otomatisasi dan digitalisasi saat ini, pelibatan generasi milenial sangat mendesak untuk meningkatkan SDM yang unggul dan berdaya saing.

Advertisement

"Para pelajar dan santri yang merupakan generasi milenial, mau tidak mau, suka tidak suka harus cepat tanggap terhadap teknologi. Jika tidak, maka secara perlahan akan tertinggal dengan teknologi yang lebih baru dan maju, " kata Menaker Ida saat menjadi pembicara utama Rakernas Ikatan Pemuda dan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Jombang, Jawa Timur.

Ida menjelaskan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin, pemerintah Indonesia memberikan perhatian serius untuk peningkatan kualitas SDM melalui program pendidikan dan pelatihan kejuruan, pemagangan, serta kemitraan dengan industri.

"Untuk itu, peran institusi pendidikan, seperti pondok pesantren sebagai kawah candradimuka, atau organisasi pelajar sangat strategis baik dalam memberikan edukasi maupun untuk peningkatan daya saing bangsa Indonesia," kata Ida. 

Ida Fauziyah menambahkan upaya untuk menyiapkan pelajar dan santri di era digitalisasi saat ini harus dilakukan “tidak seperti biasanya”.
Menurutnya, harus ada langkah-langkah besar yang dapat mengadaptasi perkembangan teknologi komunikasi, dan bahkan diperlukan inovasi yang tinggi.

Menurutnya, ekonomi digital di Indonesia terwujud dalam beragam industri. Tidak hanya terpaku pada e-commerce saja, namun ekonomi digital kini juga sudah merambah ke bidang transportasi, pendidikan, finansial perbankan, agrikultur, hingga tata kota.

Perkembangan ekonomi digital sendiri berbanding lurus dengan penggunaan internet di Indonesia. Dengan 85 juta jumlah penduduk Indonesia yang telah terhubung jaringan internet, Ida menilai Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam dunia e-commerce dan pengembangan ekonomi digital. Perkembangan ekonomi digital sendiri berbanding lurus dengan penggunaan internet di Indonesia.

Salah satu bukti dari hal ini adalah menjamurnya berbagai usaha start-up. Bahkan kini diantaranya sudah bergelar Unicorn.
Ida berharap ekonomi digital di Indonesia juga dapat diaplikasikan ke sektor-sektor industri lainnya.

"Di sinilah pentingnya para generasi muda dan pelajar Nahdatul Ulama, untuk selalu meningkatkan kompetensinya, " kata Menaker Ida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Anak Bendahara Umum DPP PAN Akhirnya Resmi Maju Lagi di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini

Gunungkidul
| Kamis, 18 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement