Prabowo Berkali-kali ke Luar Negeri, Jokowi: Itu Diplomasi Pertahanan, Bukan Jalan-Jalan

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
23 Januari 2020 10:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan terkait kunjungan kerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ke luar negeri. Jokowi menyebut menterinya itu melakukan diplomasi pertahanan.

"Jadi kalau ada yang mempertanyakan, Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan, bukan sekadar jalan-jalan," ujar Jokowi dalam Rapim Kemhan 2020 di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kemhan, Jl Medan Merdeka Barat, Kamis (23/1/2020).

Prabowo diketahui sudah mengunjungi sejumlah negara usai menjabat sebagai Menhan. Terakhir, Prabowo berkunjung ke Prancis.

"Kalau ada yang bertanya itu belum mengerti urusan diplomasi pertahanan. Meskipun saya tahu, dalam rangka melihat alutsista yang ingin kita beli, bagus atau tidak bagus, bisa digunakan atau tidak bisa digunakan, semuanya dicek," kata Jokowi.

Bukannya tanpa sebab Prabowo ke luar negeri. Jokowi sudah memberikan persetujuan.

"Itu sudah kita diskusikan dengan Pak Menhan, tidak sekali dua kali. Banyak nih yang nggak tahu," ujar Jokowi.

Sumber : detik.com