Aktif Kembali di PAN, Tjatur Sapto Edy: Saya Berpuasa, Perolehan Suara Turun

Tjatur Sapto Edy. - dok detikcom
20 Januari 2020 13:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Lama tak muncul, mantan Ketua Fraksi PAN di DPR, Tjatur Sapto Edy kembali berlaga dalam kontestasi pemilihan Pimpinan PAN dengan mendampingi calon ketua umum (caketum) Asman Abnur. Tjatur mendampingi Asman sebagai calon sekretaris jenderal.

"Sejatinya bukan come back, kan saya tidak pernah keluar dari PAN. Kemarin saya hanya berpuasa dari kepengurusan saja, dan nyatanya hasil Pemilu 2019 persentase perolehan suara, kursi, maupun peringkatnya turun," kata Tjatur dalam keterangannya, Senin (20/1/2020).

Tjatur mengaku didukung mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. Tjatur pun bicara soal manajemen baru dalam partai layaknya tim sepak bola.

"Saya hanya akan berusaha menumbuhkan kembali cinta, ketulusan, dan keakraban berpartai yang selama ini pergi entah ke mana. Tanpa itu kita sulit bersatu, tanpa persatuan maka PAN bisa 'innalillahi' pada tahun 2024," kata Tjatur.

"Ibarat tim sepakbola, klub kita sekarang turun peringkat dari nomor 5 menjadi nomor 8, bahkan terancam degradasi di pileg lalu. Maka yang lazim dilakukan adalah pergantian manajer. Ini proses yang biasa saja, yaitu membudayakan tanggung jawab. Selanjutnya kita perlu manajer baru untuk mengangkat performa tim. Nah, saat ini harapan itu ada pada saudaraku, Asman Abnur," ujarnya.

Tjatur pun menyatakan siap bertarung di Kongres PAN bersama Asman Abnur. Ia tak gentar meski lawannya adalah petahana Zulkifli Hasan dan pasangan Mulfahcri Harahap-Hanafi Rais yang didukung Amien Rais.

"Pak Amien adalah mbahnya demokrasi di Indonesia. Beliau pemimpin melawan rezim otoriter dan PAN adalah partai yang biasa dengan tradisi demokrasi. Pak Amien memberikan kesempatan semua kader, termasuk saudaraku Asman, untuk berikhtiar, menerima suara dari bawah yang menginginkan perubahan," ungkap Tjatur yang juga akan membuka pintu komunikasi dengan Amien Rais.

Tjatur pun percaya diri menatap kongres PAN lantaran ada sosok Hatta Rajasa di belakangnya. Tjatur juga menyebut banyak tokoh senior lain mendukung duet Asman-Tjatur.

"Yang pasti Bang HR mendukung penuh majunya saudaraku Asman. Tokoh lainnya banyak, terutama yang sudah jenuh dengan pertengkaran dan menginginkan persatuan," tuturnya.

Sumber : detik.com