Advertisement

Makam Janin Anak Raja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat di Godean Dibongkar Warga

Newswire
Jum'at, 17 Januari 2020 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Makam Janin Anak Raja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat di Godean Dibongkar Warga Warga Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, digegerkan oleh kemunculkan orang yang mengaku sebagai pemimpin Kerajaan Agung Sejagat alias KAS. - Ist/Facebook

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Warga Godean Sleman membongkar makam janin yang diketahui anak dari Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso dan permaisurinya Fanni Aminadia.

Makam di kontrakan Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) di Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya dibongkar. Isi makam ini akan dipindahkan ke Pemakaman Umum Penggel, Dusun Pare, Desa Sidoluhur, Sleman.

Advertisement

Pantauan di lokasi, makam yang terletak di sisi selatan rumah kontrakan Toto itu kini dibongkar oleh warga bersama kades dan polisi tak berseragam. Saat makam itu dibongkar terlihat ada kendil (periuk) dari tanah liat.

Kendhil itu lalu dikeluarkan dari liang kemudian dibungkus menggunakan kain putih. Selanjutnya kendil terbungkus itu dibawa ke pemakaman Penggel, Dusun Pare, Desa Sidorejo, Sleman.

"Tadi malam, ada pertemuan, masyarakat dan pemerintah desa, polisi dan Koramil, lalu penanggung jawab Ibu Mursinah. Kita buat kesepakatan makam dipindahkan hari ini," ujar Pj Kades Sidoluhur, Sudarmanto di lokasi kontrakan Raja Toto Dusun Berjo Kulon RT 05 RW 04, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Jumat (17/1/2020).

Sudarmanto menuturkan penemuan makam itu berawal dari kecurigaan warga saat melihat gundukan tanah mencurigakan. Saat ditanyakan ke pembantu rumah kontrakan yang bernama Mursinah barulah diketahui gundukan itu merupakan makam.

"Setelah ditanyakan ada gundukan tanah ini apa, Mursinah mengakui itu anaknya Fanni. Masyarakat minta dipindahkan, Mursinah mengiyakan," bebernya.

Menurut Mursinah, usia janin itu sekitar tiga bulan. "Usia anaknya 2-3 bulan. Beberapa minggu lalu dimakamkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing, Pemkot Jogja Dorong Sertifikasi dan Legalitas Produk UMKM

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement