Makam Janin Anak Raja dan Permaisuri Keraton Agung Sejagat di Godean Dibongkar Warga

Warga Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, digegerkan oleh kemunculkan orang yang mengaku sebagai pemimpin Kerajaan Agung Sejagat alias KAS. - Ist/Facebook
17 Januari 2020 18:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Warga Godean Sleman membongkar makam janin yang diketahui anak dari Raja Keraton Agung Sejagat Toto Santoso dan permaisurinya Fanni Aminadia.

Makam di kontrakan Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat Toto Santoso (42) dan Fanni Aminadia (41) di Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya dibongkar. Isi makam ini akan dipindahkan ke Pemakaman Umum Penggel, Dusun Pare, Desa Sidoluhur, Sleman.

Pantauan di lokasi, makam yang terletak di sisi selatan rumah kontrakan Toto itu kini dibongkar oleh warga bersama kades dan polisi tak berseragam. Saat makam itu dibongkar terlihat ada kendil (periuk) dari tanah liat.

Kendhil itu lalu dikeluarkan dari liang kemudian dibungkus menggunakan kain putih. Selanjutnya kendil terbungkus itu dibawa ke pemakaman Penggel, Dusun Pare, Desa Sidorejo, Sleman.

"Tadi malam, ada pertemuan, masyarakat dan pemerintah desa, polisi dan Koramil, lalu penanggung jawab Ibu Mursinah. Kita buat kesepakatan makam dipindahkan hari ini," ujar Pj Kades Sidoluhur, Sudarmanto di lokasi kontrakan Raja Toto Dusun Berjo Kulon RT 05 RW 04, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Jumat (17/1/2020).

Sudarmanto menuturkan penemuan makam itu berawal dari kecurigaan warga saat melihat gundukan tanah mencurigakan. Saat ditanyakan ke pembantu rumah kontrakan yang bernama Mursinah barulah diketahui gundukan itu merupakan makam.

"Setelah ditanyakan ada gundukan tanah ini apa, Mursinah mengakui itu anaknya Fanni. Masyarakat minta dipindahkan, Mursinah mengiyakan," bebernya.

Menurut Mursinah, usia janin itu sekitar tiga bulan. "Usia anaknya 2-3 bulan. Beberapa minggu lalu dimakamkan," katanya.

Sumber : Detik.com