Advertisement

Masjid Agung Solo Akan Dibangun Menjadi Duplikat Masjid Abu Dhabi

Newswire
Selasa, 07 Januari 2020 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Masjid Agung Solo Akan Dibangun Menjadi Duplikat Masjid Abu Dhabi Masjid Agung di Abu Dhabi-Uni Emirat Arab. - Ist/Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Masjid Agung di Solo, Jawa Tengah akan dibangun dengan dana hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA).

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah UEA akan memberikan hibah pada Masjid Agung di Solo, Jawa Tengah karena kedekatan Presiden Joko Widodo dengan pemimpin UEA.

Advertisement

Rencananya ada 2,9 hektar (ha) lahan untuk pembangunan Masjid Agung di Solo.

"Ini salah satu bukti kerja sama kita dengan UEA, di Masjid Agung Solo akan segera groundbreaking seluas 2,9 hektare tanahnya. Ini semacam hibah karena dekat dengan presiden," ungkap Luhut, di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Luhut mengatakan Masjid ini akan menjadi duplikat dari Grand Mosque Abu Dhabi. Dia memperkirakan biaya membangun Masjid ini berkisar US$ 40 juta atau berkisar Rp 5,6 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

"Tidak tahu persis (biayanya) tapi itu duplikatnya Masjid Grand Mosque Abu Dhabi. di bangun di Solo hadiahnya putra mahkota Abu Dhabi. Tapi kalau dikira-kira ya sekitar US$40 juta," kata Luhut.

Lahan yang digunakan untuk membangun Masjid ini adalah bekas lahan Pertamina. Dihibahkan oleh Pemda Solo untuk masyarakat.

"Ini tadinya lahan Pertamina, tapi dihibahkan ke masyarakat oleh Pemda Solo. Jadi sedang dibersihin sekarang," kata Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Jogja dan Sleman, Jumat 18 Oktober 2024, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement