Tinjau Korban Banjir, Erick Thohir: Flu Harus Diantisipasi

Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Posko Banjir BUMN di Cengkareng, Jakarta, Minggu (5/1/2020). - Bisnis/Annisa Sulistyorini
05 Januari 2020 22:27 WIB Annisa Sulistyo Rini News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Erick Thohir melakukan peninjauan korban banjir di posko BUMN di Cengkareng dan Tangerang.

Pada kesempatan itu, ia meminta perusahaan pelat merah untuk mensuplai kebutuhan pasca banjir. Menurutnya, sudah menjadi tugas BUMN untuk hadir bagi masyarakat. Dapur umum telah disiapkan oleh beberapa BUMN seperti PLN, Pupuk Indonesia, Semen Indonesia, dan Bank Mandiri.

Khusus untuk saat ini, Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah mulai shifting dalam menyediakan bantuan masyarakat.

"Mungkin nanti bertahap mulai suplai air bersih dan obat-obatan karena setelah banjir akan ada timbul penyakit, mungkin dari kotoran hewan mati atau juga flu dan lainnya. Ini yang harus diantipasi," ujarnya seusai meninjau Posko Banjir BUMN Cengkareng, Minggu (5/1/2020).

Dalam waktu dua minggu ke depan, BUMN akan mengadakan rapat untuk review mengenai posko banjir karena kemungkinan hingga Februari dan Maret curah hujan masih tinggi dan harus tetap waspada. BUMN, kata Erick, telah memiliki tim satgas yang ada di seluruh wilayah untuk membantu korban bencana banjir.

Pihaknya juga berupaya memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran, salah satunya dengan menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Lebih jauh, Erick menyampaikan perusahaan pelat merah tidak terdampak oleh banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek. Namun, para karyawan BUMN yang terkena dampaknya.

"Kalau bicara mengenai bencana, kita tak bisa bicara kerugian karena ada kerugian itu tetap. Saya rasa kerugian bisa dicari lagi dengan keuntungan ya, tetapi yang prioritas turun ke jalan," ujarnya.

Sumber : bisnis.com