Advertisement

Nama Cucu Jokowi Jan Ethes Jadi Nama Anggur, Mentan Syahrul: Punya Arti yang Sama

Newswire
Sabtu, 16 November 2019 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
  Nama Cucu Jokowi Jan Ethes Jadi Nama Anggur, Mentan Syahrul: Punya Arti yang Sama Jokowi dan Jan Ethes. - suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Nama cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi) digunakan untuk menamai varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Pertanian, yakni Jan Ethes SP1. Kebetulan, momentum itu terjadi pada hari kelahiran adik Jan Ethes di Solo.

Nama tersebut diberikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/11/2019).

Advertisement

Alasan di balik pemberian nama Jan Ethes SP1, kata Syahrul tidak hanya serupa dengan nama cucu pertama Jokowi tetapi juga memiliki makna mendalam.

"Saya suka nama itu, dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali, ini varietas unggul," ujarnya seperti dikutip dalam rilis.

Nama Jan Ethes dirasanya sangat pas dengan karakteristik dari anggur hasil varietas unggul tersebut, cita rasa buah anggur sangat manis segar, dengan tekstur daging buah yang garing dan tidak terlalu berair.

Tidak hanya memiliki tekstur yang disukai banyak kalangan, varietas anggur ini cenderung tidak mudah rontok buahnya. Karena itu Jan Ethes SP1 dapat disimpan selama tujuh hari setelah panen pada suhu ruang dan pada ruang pendingin dapat bertahan hingga 14 hari.

Keunggulan anggur jenis ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan anggur konsumsi dengan kualitas yang dapat bersaing dengan anggur impor.

Varietas ini ke depannya akan terus dikembangkan. Syahrul berharap anggur jenis ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri, dan menjadi produk buah unggulan baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement