Advertisement

HASIL SURVEI: Firli Belum Dilantik, Kepercayaan Publik terhadap KPK Sudah Menurun

Newswire
Rabu, 13 November 2019 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
HASIL SURVEI: Firli Belum Dilantik, Kepercayaan Publik terhadap KPK Sudah Menurun Gedung KPK. - Antarafoto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Sebuah survei mengenai tingkat kepercayaan publik terhadap KPK baru-baru ini dilakukan.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan kepercayaan masyarakat terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menurun, meski Firli Bahuri belum dilantik sebagai ketua KPK periode 2019-2023.

Advertisement

Lima pimpinan KPK terpilih Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan, Nurul Ghufron rencananya dilantik pada Desember 2019.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjabarkan, dari hasil temuan survei tersebut menunjukkan, pada awalnya sebelum Pilpres April 2019 tingkat kepercayaan publik 89 persen yang percaya KPK bekerja untuk kepentingan rakyat, sedangkan yang tidak percaya hanya 6,5 persen.

"Pasca pilpres mereka yang percaya cenderung menurun meski masih cukup tinggi yaitu sebesar 85,7 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat jumpa pers di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019).

Adjie menjabarkan, penurunan ini disebabkan oleh empat faktor, diantaranya masifnya narasi negatif pada Pilkada DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2019, maraknya kasus korupsi, politik media sosial yang ekstrem, dan pembelahan politik di level akar rumput masyarakat.

Survei ini dilakukan terhadap populasi pemilih nasional menggunakan 1.200 responden di 34 propinsi, dengan metode wawancara langsung.

Margin of error survei ini adalah +/- 2.9 persen. Selain survei, LSI Denny JA juga melengkapi survei ini dengan riset kualitatif dengan metode FGD, indepth interview, dan analisis media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement