Hari Pertama Jabat Menhan, Prabowo Dapat Masukan Perkuat Alutsista

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). - ANTARA FOTO/Wahyu Putro
23 Oktober 2019 20:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Hari pertama mulai menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto sudah mendapatkan masukan soal tugas-tugas di kantor barunya. Salah satunya adalah saran untuk memperkuat alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

Hal tersebut diungkap oleh Sekjen Kementerian Pertahanan (Kememhan), Laksamana Madya TNI Agus Setiadji. Selain soal alutsista, kata Agus, Prabowo juga diberi masukan soal tanggung jawab sebagai Menhan.

"Jadi yang dibahas itu tugas dan tanggung jawab Menteri Pertahanan. Kemudian tugas-tugas lain termasuk adalah memperkuat pertahanan termasuk alutsista," ujar Agus di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Agus mengatakan, Prabowo akan langsung menggelar rapat kabinet di Kemenhan. Masukan yang ia sampaikan itu dianggapnya bisa menjadi acuan Prabowo di rapat yang digelar besok, Kamis (24/10/2019).

"Sehingga nanti pada saat rapat kabinet sudah cukup bekal untuk mendapatkan arahan," katanya.

Rencana Prabowo ke depannya sebagai Menhan juga disebutnya sudah dibahas. Ketua Umum Gerindra itu rencananya akan menyampaikan secara langsung setelah serah terima jabatan dengan Menhan sebelumnya, Ryamizard Ryacudu.

"Pak menteri akan menyampaikan sendiri. Nanti setelah serah terima. Silakan Pak menteri ditanya fokusnya ke sana," pungkasnya.

Sebelumnya, penunjukan Prabowo masuk dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 disampaikan Presiden Jokowi di tangga Istana Merdeka, Jakarta, siang tadi.

Bersama Maruf Amin, Jokowi hari ini resmi mengumumkan 38 nama menteri dan setingkat menteri di kabinet pemerintahan periode keduanya.

Ketika Jokowi mengumumkan jabatan Menhan, Prabowo yang mengenakan batik berwarna cokelat itu kan tampak terlihat langsung berdiri dan memberikan hormat kepada Jokowi.

Jokowi mengatakan dirinya tak perlu lagi menjelaskan tugas Menhan kepada Prabowo. Sebab, dia menilai Prabowo sangat memahami tugas dari Menhan.

"Saya tidak perlu jelaskan lagi, beliau (Prabowo) lebih paham dari saya," ujar Jokowi saat mengumumkan nama Prabowo.

Sumber : Suara.com