Advertisement

Susi Pudjiastuti Tak Lagi Jadi Menteri, Pengamat: Aneh

Wisnu Wage Pamungkas
Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Susi Pudjiastuti Tak Lagi Jadi Menteri, Pengamat: Aneh Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Indonesia Kerja Susi Pudjiastuti tampil beda saat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). - Instagram @susipudjiastututi115

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG— Tidak dipilihnya lagi Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan mengagetkan banyak pihak.

Tersingkirnya Susi Pudjiastuti dalam kursi menteri pada Kabinet Indonesia Maju Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin memancing tanda tanya sejumlah kalangan.

Advertisement

Pengamat politik dari Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf mengaku terkejut dengan tak masuknya Susi Pudjiastuti dalam Kabinet Indonesia Maju.

Asep mengatakan Susi terbilang menteri di Kabinet Kerja yang sukses dan mendapatkan apresiasi positif atas kinerjanya. Namun dalam pengumuman kabinet Indonesia Maju, Jokowi memilih Eddy Prabowo sebagai pengganti Susi.

"Aneh, kenapa sekarang ini tidak dipilih lagi model-model perempuan yang tegas dan bersih dan tidak ada kompromi dengan kejahatan ilegal fishing," kata Asep di Bandung, Rabu (23/10/2019).

Di sisi lain Asep menilai penunjukkan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan merupakan hasil pertimbangan Presiden Jokowi untuk mengakomodir kepentingan parpol. Seperti diketahui Edhy Prabowo adalah Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. 

Menurut Asep tidak adanya Susi mematahkan ekpektasi masyarakat yang ingin memiliki menteri independen dan benar-benar ahli di bidangnya. "Tapi mudah-mudahan soal kinerja terukur dalam satu tahun ini lah,” ujarnya.

Menurut Asep untuk mengetahui apakah Eddy Prabowo setangguh Susi dalam mengurus kementerian akan dibuktikan pada 2020 mendatang.

“Tahun depan kan APBN murni yang mereka buat sendiri dengan program-programnya. Bagus atau tidaknya dampak efek kepada masyarakatnya kita lihat saja nanti," ujar Asep.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement