Retno Marsudi Ditugasi Dampingi Ma'ruf Amin ke Jepang, Lanjut Jadi Menlu Lagi?

Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Jepang, Senin (21/10/2019). - Ist/Dok. Setwapres
21 Oktober 2019 11:57 WIB Newswire News Share :


Harianjogja.com, JAKARTA - Memulai pekerjaan sebagai Wakil Presiden pada Senin (21/10/2019) hari ini, Ma'ruf Amin melakukan lawatan perdananya untuk bertolak ke Jepang guna menghadiri penobatan Kaisar Naruhito.

Dalam kesempatan itu, Menteri Luar Negeri era Kabinet Jokowi jilid I, Retno Marsudi diminta ikut untuk mendampingi.

Dalam keterangan tertulis yang diberikan oleh Komunikasi Informasi dan Publik (KIP) Setwapres, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Retno Marsudi untuk mendampingi Wapres Ma'ruf Amin selama dinasnya ke luar negeri.

Selain Retno Marsudi, Wapres Ma'ruf Amin bertolak ke Jepang turut didampingi oleh istri, Wury Ma'ruf Amin dan rombongan terbatas.

Wapres Ma'ruf dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Narita pada pukul 19.30 waktu Jepang. Ma'ruf Amin mewakili Indonesia untuk menghadiri penobatan Kaisar Naruhito di the Seiden (State Hall), Imperial Palace.

"Saya dan rombongan terbatas sebentar lagi akan berangkat menuju Jepang untuk mewakili Pemerintah Indonesia. Hadir dalam Upacara Penobatan Kaisar Jepang, Naruhito,” kata Ma'ruf Amin.

Upacara penobatan akan berlangsung pada Selasa (22/10/2019) siang hari. Usai upacara penobatan, Wapres dan rombongan kembali ke tanah air.

Di waktu yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan mengumumkan susunan kabinet jilid II periode 2019-2024 pada hari ini, Senin (21/10/2019).

Menjelang pengumuman kabinet Jokowi itu, sejumlah staf Istana Kepresidenan, Jakarta terlihat membawa kemeja putih panjang yang masih terbungkus plastik.

Namun saat ditanya apakah kemeja-kemeja baru tersebut untuk digunakan menteri baru, para staf Istana itu tak menjawab. Mereka langsung masuk ke arah Istana membawa kemeja-kemeja baru tersebut.

Untuk diketahui, pada 2014 lalu ketika Jokowi mengumumkan nama-nama menteri, para menteri juga mengenakan kemeja putih. Mereka kompak mengenakan baju putih usai diumumkan Jokowi.

Hingga kini pihak Istana Kepresidenan belum menjelaskan terkait kemeja putih baru tersebut.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, susunan kabinet barunya sudah rampung. Di mana ia mengaku akan segera mengumumkan susunan kabinet barunya pada Senin hari ini.

"Sudah rampung. Sudah selesai. Nanti besok pagi (Senin hari ini) lah. Nanti saya kenalkan besok pagi," ujar Jokowi di Istana Merdeka, sebelum berangkat ke Gedung MPR untuk mengikuti pelantikan, Minggu (20/10/2019).

Sumber : Suara.com