Advertisement

Jokowi Kemungkinan Pilih 16 Menteri dari Parpol, Senin Diumumkan

Yodie Hardiyan
Minggu, 20 Oktober 2019 - 16:57 WIB
Sunartono
Jokowi Kemungkinan Pilih 16 Menteri dari Parpol, Senin Diumumkan Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Australia Scott Morrison di Istana Merdeka, Minggu (20/10/2019). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo menyatakan sekitar 16 menteri yang akan memimpin pemerintah pusat pada periode 2019—2024 berasal dari partai politik.

Pernyataan itu disampaikan oleh Jokowi di samping Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019) ketika ditanya oleh jurnalis mengenai apakah jumlah menteri yang berasal dari partai politik sejumlah 16 orang.

Advertisement

"Ya kurang lebih [16 menteri dari partai politik], saya belum hitung tapi kurang lebih," kata Jokowi bersama keluarganya sebelum berangkat ke Gedung MPR, Jakarta.

Seperti diketahui, Jokowi mengatakan akan memperkenalkan nama-nama menteri pada Senin (21/10/2019) pagi. Setelah memperkenalkan nama-nama menteri tersebut, Jokowi akan melantik para menteri di hari yang belum diketahui.

"Besok pagi saya kenalkan, karena nanti sorenya, Pak KH Ma'ruf Amin harus ke Jepang untuk menghadiri penobatan Kaisar ke Jepang," kata Jokowi.

Sebagai gambaran, pemerintah pusat memiliki 34 kementerian pada saat ini. Sebagian orang yang mengisi jabatan menteri di 34 kementerian tersebut berasal dari partai politik.

Partai politik yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019 antara lain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura. Jokowi juga didukung oleh sejumlah partai kecil seperti Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement