Bawa Senpi, Puluhan Polisi Dites Urine

Sejumlah senpi yang dipegang anggota diperiksa tim Propam Polres Sragen di halaman Mapolres Sragen, Kamis (10/10/2019). - Solopos/Tri Rahayu.
10 Oktober 2019 10:57 WIB Tri Rahayu News Share :

Harianjogja.com, SRAGEN--Sebanyak 50 anggota Polres Sragen pemegang senjata api (senpi) diperiksa tim Propam dan Kedokteran Kepolisian (Dokpol) di Mapolres Sragen, Kamis (10/10/2019).

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kebersihan senpi dan kelengkapan jumlah peluru. Mereka juga menjalani tes urine untuk mengidentifikasi kandungan narkoba.

Pemeriksaan digelar terbuka di halaman Mapolres Sragen. Pemeriksaan dikoordinasi Kasi Propam Ipda Widarto didampingi dua personel Dokpol.

Ditemui wartawan di sela-sela pemeriksaan, Kamis pagi, Widarto mengatakan pemeriksaan senpi dan tes urine dilakukan secara rutin dan berkala kepada anggota Polres Sragen. Dia mengatakan pemeriksaan kali ini dilakukan pada personel pemegang senpi jenis revolver. Pemeriksaan ini menjadi bagian dari pengawasan internal.

Pemeriksaan dilakukan juga sampai ke tingkat Polsek. Jumlah personel yang diperiksa sebanyak 50 orang. "Untuk temuan nihil. Hasil tes urine negatif semua. Pemeriksaan senpi juga bersih dan kelengkapan peluru masih utuh,” ujar Widarto mewakili Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan.

Dia menjelaskan bila dalam pemeriksaan ditemukan tes urine positif, senpi yang dibawa polisi bisa ditarik. Demikian pula bila ditemukan adanya pelanggaran dalam penggunaan senpi akan ditindak sesuai dengan aturan.

Anggota Dokpol Polres Sragen Aiptu Gunarto mengatakan pemeriksaan urine dilakukan secara langsung dan hasilnya langsung diberitahukan kepada pihak yang bersangkutan.

Dia membenarkan hasil tes urine negatif semua. “Pemeriksaan dilakukan menggunakan alat deteksi bahan narkoba,” ujarnya.