Advertisement

Puan Maharani Ingin Buktikan Perempuan Bisa Berprestasi dalam Politik

Newswire
Sabtu, 05 Oktober 2019 - 16:17 WIB
Nina Atmasari
Puan Maharani Ingin Buktikan Perempuan Bisa Berprestasi dalam Politik Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Puan Maharani terpilih menjadi ketua DPR. Ia mengungkapkan motivasinya antara lain untuk menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berprestasi dalam politik.

"Saya ingin membuktikan bahwa perempuan dalam berpolitik juga bisa berprestasi, bisa sejajar seimbang dengan laki-laki," kata Puan, di Jakarta, Sabtu (5/10/2019).

Advertisement

Puan berharap keterpilihan dia sebagai ketua DPR bisa memotivasi perempuan-perempuan lain untuk terjun ke gelanggang politik dan membawa angin segar ke dunia perpolitikan Indonesia.

Saat ditanya apakah sebagai ketua DPR perempuan pertama di Indonesia dia merasa terbebani, Puan menjawab bahwa menjadi wakil rakyat pasti selalu memiliki beban atau tanggung jawab.

"Yaitu tanggung jawab untuk menyalurkan aspirasi rakyat yang mereka titipkan kepada wakil rakyat yang mereka pilih," kata Puan, putri Megawati Soekarnoputri, presiden RI kelima yang kini menjabat sebagai ketua umum DPP PDI Perjuangan.

Puan mengatakan, sebagai perempuan pertama yang menjadi ketua DPR, dia hanya ingin bekerja sebaik mungkin membawa aspirasi dari rakyat yang dia wakili.

Puan Maharani merupakan anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali. Pada Pemilu 2019, Puan meraih suara terbanyak di tingkat nasional dengan perolehan suara 404.034 suara.

Sebanyak 575 anggota DPR dari sembilan partai politik dan 136 anggota DPD dari 34 provinsi hasil Pemilu 2019 telah dilantik pada Selasa (1/10/2019).

Pemimpin DPR, DPD, dan MPR telah dipilih dan ditetapkan. Puan Maharani ditetapkan sebagai ketua DPR, La Nyalla Mattalitti ditetapkan sebagai ketua DPD, dan Bambang Soesatyo ditetapkan sebagai ketua MPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement