Advertisement

Gerilyawan Houthi Klaim Tahan Ribuan Tentara Arab Saudi

Annisa Margrit
Minggu, 29 September 2019 - 10:57 WIB
Sunartono
Gerilyawan Houthi Klaim Tahan Ribuan Tentara Arab Saudi Petugas memeriksa lokasi serangan udara yang dipimpin Arab Saudi di penjara Houthi di Dhamar, Yaman, pada Minggu (1/9/2019). - Reuters/ Ahmed al/Ansi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Kelompok gerilyawan Houthi kembali mengklaim telah menyerang Arab Saudi dan menahan tentara kerajaan di Timur Tengah itu pada Sabtu (28/9/2019).
 
Juru Bicara Houthi Mohammad Abdul-Salam menyatakan bahwa tiga brigade militer musuh telah jatuh dalam serangan yang dilakukan 72 jam sebelumnya dan didukung oleh sejumlah pesawat tanpa awak, misil, serta unit pertahanan udara. Tentara yang ditangkap disebut mencapai ribuan dan ada ratusan kendaraan bersenjata yang juga diambil alih.
 
"Operasi 'Victory from God (Kemenangan dari Tuhan)' adalah serangan militer terbesar sejak agresi berlangsung. Musuh kalah besar... dan kami telah membebaskan banyak wilayah hanya dalam beberapa hari," paparnya seperti dilansir Reuters, Minggu (29/9).
 
Namun, pihak Arab Saudi belum memberikan komentar atas pernyataan tersebut. Serangan disebut dilakukan di dekat perbatasan Yaman-Arab Saudi, tepatnya di Najran. 
 
Jika benar, maka ini merupakan serangan besar kedua yang terjadi setelah kelompok Houthi menyerang fasilitas pengolahan minyak milik Saudi Aramco, beberapa pekan lalu. Serangan tersebut sukses memengaruhi suplai minyak Arab Saudi ke pasar global.
 
Selain itu, serangan ini juga bisa mengganggu upaya PBB untuk mengurai ketegangan di kawasan tersebut dan membuka negosiasi damai antara kedua pihak. 
 
Pada Jumat (20/9), pihak Houthi menyatakan akan menahan serangan misil dan drone ke Arab Saudi jika koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi menghentikan operasi militernya. Belum ada respons apapun dari koalisi atas pernyataan tersebut. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement