Advertisement

Semakin Konsumtif, Survei Pesta Belanja Online Beberkan Perilaku Konsumen Indonesia

Newswire
Senin, 09 September 2019 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Semakin Konsumtif, Survei Pesta Belanja Online Beberkan Perilaku Konsumen Indonesia Ilustrasi belanja online - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pesta belanja online kini jadi tren di kalangan masyarakat.

September menandakan dimulainya pesta belanja online akhir tahun di Indonesia. Beragam promo seperti potongan harga hingga cashback menarik ditawarkan platform e-commerce. Ya, pesta belanja online akhir tahun ini telah menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Advertisement

Pada Juli 2019, Shopback, platform cashback rewards dan kurator e-commerce, melakukan survei secara online yang diikuti oleh lebih dari 5.100 responden dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Survei ini bertujuan untuk melihat pola perilaku belanja online masyarakat Indonesia saat festival belanja online akhir tahun berlangsung.

Berdasarkan survei ini, sebanyak dua pertiga responden mengaku berencana akan berbelanja lebih banyak ketimbang festival belanja online tahun lalu. Di samping itu, sebanyak 38,6% dari responden akan berbelanja sebanyak Rp500.001- Rp 1.500.000 dan sebanyak 36,8% responden akan berbelanja di bawah Rp 500.000. Sementara itu, berdasarkan data historikal ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia telah menghabiskan Rp 2.105.811 untuk belanja online.

“Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development ShopBack Indonesia, melalui siaran pers yang diterima Suara.com.

Yolanda menambahkan, tidak hanya menguntungkan masyarakat, festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi para pelaku niaga daring, di mana rata-rata transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa.

“Tahun ini juga diprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal order dibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya.”

Dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah lebih bijak dalam menentukan barang apa yang akan dibeli di platform online. Menilik dari hasil survei yang dilakukan ShopBack, responden mengaku lebih mempertimbangkan kredibilitas penjual ketimbang harga yang ditawarkan.

Sementara itu, berdasarkan survey ini juga, Harbolnas menduduki peringkat pertama festival belanja online yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia, diikuti oleh 99 Super Shopping Day di peringkat kedua. Sayangnya, hanya 22% dari responden yang mengetahui semua festival belanja online yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement