Sekjen PDIP: Pimpinan MPR Sebaiknya Dipilih secara Musyawarah

Hasto Kristiyanto - Antara/Muhammad Adimaja
01 September 2019 03:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- PDIP akan berdialog dengan seluruh parpol agar pemilihan pimpinan MPR tak perlu melalui voting.

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya selalu mendorong agar keputusan akhir terkait pimpinan MPR dapat dilakukan secara musyawarah mufakat.

"Kami akan berdialog dengan seluruh parpol dan juga dewan perwakilan daerah sehingga penetapan pimpinan di MPR nanti dapat dilakukan dengan cara musyawarah mufakat, itu upaya yang kami lakukan," kata Hasto di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Mengenai wacana revisi UU MD3 dengan melakukan penambahan jumlah pimpinan MPR, Hasto menyebut antara ketua umum partai politik belum membahas itu.

"Sebenarnya belum ada pembahasan level pimpinan ketum berkaitan dengan berapa jumlah komposisi dari pimpinan MPR," ujarnya.

Karenanya PDIP pun mengajak semua parpol untuk berdialog bersama dalam menjalankan UU MD3 ini. Sehingga nantinya semua yang terlibat dapat memahami UU MD3 sebaik-baiknya.

"Namun marwah MPR sebagai representasi dari rakyat Indonesia, tentu saja itu dilakukan dialog-dialog untuk membangun kesepahaman," ujar dia.

Sebagaimana diketahui isu pimpinan MPR memang tengah menjadi perhatian lantaran beberapa parpol mengusulkan adanya penambahan jumlah pimpinan MPR.

Bahkan Badan Legislasi (Baleg) DPR telah menyiapkan draf untuk merevisi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), terutama di bagian pasal penambahan pimpinan MPR.

Sumber : Okezone.com