Advertisement

OTT KPK terhadap Jaksa Kejari Jogja Terkait Proyek Saluran Air Hujan di Umbulharjo

Bhekti Suryani
Selasa, 20 Agustus 2019 - 19:27 WIB
Bhekti Suryani
OTT KPK terhadap Jaksa Kejari Jogja Terkait Proyek Saluran Air Hujan di Umbulharjo Ilustrasi Korupsi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang jaksa di Kejari Kota Jogja juga seorang kontraktor terkait lelang proyek pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja tahun anggaran 2019.

Pada Selasa (20/8/2019), KPK membeberkan nama ketiga orang tersebut yakni, Jaksa pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Yogyakarta yang juga anggota Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, dan Pembangunan Pusat-Daerah (TP4D), Eka Safitra (ESF), Jaksa pada Kejari Surakarta, Satriawan ‎Sulaksono (SSL), dan Direktur Utama (Dirut) PT Manira Arta Mandiri, Gabriella Yuan Ana (GYA).

Advertisement

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dan menetapkan tiga orang sebagai tersangka," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019) seperti dikutip dari Okezone.com.

Eka Safitri dan Satriawan Sulaksono diduga membantu memuluskan Gabriella agar kepentingannya mendapatkan proyek pengerjaan rehabilitasi saluran air hujan di Jalan Supomo Yogyakarta dengan pagu anggaran sebesar Rp10,89 miliar, berjalan lancar.

Proyek tersebut diawasi oleh TP4D.‎ Dalam hal ini, Eka Safitra merupakan anggota TP4D dari Kejari Yogyakarta. Satriawan merupakan Jaksa yang mengenalkan Gabriella ke Eka Safitra.

Setelah dilakukan berbagai upaya, akhirnya PT Widoro Kandang ‎(WK) yang nama perusahaannya dipinjam oleh Gabriella akhirnya memperoleh proyek tersebut. Eka Safitra dan Satriawan Sulaksono diduga telah menyepakati komitmen fee 5 persen dari total proyek sebesar Rp8,3 miliar.

Merujuk data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Jogja, memang tercantum proyek pembangunan salurah air hujan di Jalan Supomo Kota Jogja yang melintasi Kel.Warungboto, Kel.Tahunan dan Kel.Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Jogja. Proyek itu dilelang April 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement