Advertisement

Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Tasikmalaya

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 10 Agustus 2019 - 13:07 WIB
Sunartono
Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Tasikmalaya Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gempa berkekuatan magnitudo 4,0 mengguncang kawasan Tasikmalaya Kawa Barat hari ini, Minggu (10/08/2019).

Berdasarkan data BMKG, gempa itu terjadi pads  pukul 11:58:24 WIB, dengan kedalaman 22 kilometer.

Advertisement

Data BMKG mencatat pusat gempa berada di 8.23 LS 108.18 BT di laut berjarak 64 km tenggara Tasikmalaya. Getaran gempa dengan Skala MMI itu dirasakan di Tasikmalaya, II Pangandaran.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Selatan pulau Jawa dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dan Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. .

Hingga pukul 12:17 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement